#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Skenario Menuju Zona Aman
21 May 2019 12:22 WIB
MILAN - Ada empat tim papan bawah, yakni Genoa CFC, Empoli FC, ACF Fiorentina dan Bologna FC, yang nasibnya di Seri A belum jelas. Perlu kalkulasi yang tepat supaya mereka tak terjun ke Seri B.

Pasukan Sinisa Mihajlovic hanya butuh satu angka dari pertandingan lawan SS Lazio. Sementara bagi dua skuat lainnya, I Viola dan Genoa penentuan terjadi Firenze. Ini bisa dianggap sebagai playoff. Kegagalan Empoli lawan FC Internazionale akan membuat Vincezo Montella dan Cesare Prandelli selamat cukup dengan hasil seri. Peluang masih terbuka dan perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin. Berikut skenario menuju zona aman.

Genoa terlalu sembrono sejak pertengahan Maret. Skor 1-1 lawan Cagliari Calcio, Sabtu (18/5), membuat satu kaki Il Grifone terperosok ke jurang degradasi. Kini nasib mereka tak hanya tergantung dari diri sendiri tapi juga tim lain. Tim Prandelli selamat jika mendapat hasil lebih baik dari Empoli. Seandainya menang di Stadion Artemio Franchi, mesti membukukan selisih dua gol lebih banyak (dalam kasus memiliki 40 poin yang setara dengan perolehan Udinese Calcio dan Fiorentina).


Baca Juga :
- Prediksi Lazio vs Sampdoria, Berburu 11 Kemenangan Beruntun
- Dalam Siklus Mini, Ronaldo Jadi Bomber Terbaik Eropa

Empoli yang pekan lalu terpuruk di posisi tiga terbawah, kini berhasil bangkit berkat pesta empat gol ke gawang Torino FC. Mereka mungkin bertahan di Seri A bila menggebuk FC Internazionale di San Siro atau memetik hasil yang sama seperti Genoa. Sulit menang di Milan karena tuan rumah juga butuh poin penuh supaya tetap bertengger di zona Liga Champions.

Fiorentina carut marut setelah terjadi pergantian pelatih dari Stefano Pioli ke Montella. I Viola lolos dari lubang jarum cukup dengan tidak kalah dari Genoa di kandang. Syarat lainnya, jika mereka takluk, tapi Gli Azzurri juga tidak menang atau kalah dengan selisih satu gol (kalau Fiorentina, Udinese dan Genoa sama-sama mengantongi 40 poin).

Di antara keempat tim, mungkin Bologna yang paling tenang. Tambahan satu poin dari dua pertandingan bisa mempertahankan mereka di Seri A. Apabila gagal memperoleh nilai tambahan, tapi salah satu antara Empoli dan Genoa juga tidak menang, maka peluang tetap terbuka. Demikian pula, ketika tim kalah tapi kesebelasan Prandelli menang dengan dua atau lebih perbedaan gol dan Udinese setidak-tidaknya mendapat satu poin.

Jika Genoa, Fiorentina dan Udinese berada pada kuota 40 poin (Genoa mengecap sukses di Firenze dan Empoli di San Siro), maka akan ditentukan dari klasemen: 5 poin untuk setiap tim. Jadi akan ditentukan oleh perbedaan gol yang saat ini +1 bagi Udinese dan Fiorentina, lalu -2 bagi tim milik Enrico Preziosi itu.


Baca Juga :
- Serangan Balik Bukan Karakter Utama Inter
- Belotti Menyamai Rekor Franco Ossola

Genoa akan terdegradasi jika menang hanya dengan jarak satu gol. Sementara Fiorentina akan tersedot ke Seri B kalau kalah dengan perbedaan 2 gol. Selisih gol mungkin bisa mengirimkan salah satu antara Fiorentina dan Bologna ke Seri B.

Hasil di stadion Franchi juga akan sangat menentukan: jika Genoa menang dengan perbedaan satu gol, maka Bologna yang terdegradasi. Tapi seandainya menang dengan perbedaan dua gol maka Fiorentina yang akan tersingkir. Andaikata Udinese, Genoa, Fiorentina dan Bologna menutup musim dengan kuota 40 poin, maka I Rossoblu yang terjun bebas.*

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA