#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ketika Brand Nissan Tidak hanya Otomotif
18 August 2016 10:45 WIB
SIANG itu, Jumat (12/8) langit ibu kota tampak cerah. Dengan memacu sepeda motor, saya menuju mal Central Park untuk menumpang shuttle bus ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Ya, saat itu saya akan menghadiri press conference kemitraan PT Nissan Motor Indonesia (PT NMI) dengan Manchester City di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Ketika bus yang membawa belasan penumpang, termasuk saya, beberapa jurnalis, dan pengunjung, tiba di parkiran, tampak umbul-umbul dari pameran otomotif terbesar di Indonesia ini berkibar. Ini jadi pemandangan menarik bagi saya saat menyaksikan kemegahan gedung pameran tersebut. Maklum, biasanya saya wara-wiri dari satu stadion ke stadion atau berkeliling arena olahraga lainnya.

Dalam perjalanan, ketika berbincang dengan rekan seprofesi pun banyak yang menanyakan. Tepatnya, karena saya mewakili media tempat saya bekerja, yang notabene merupakan media olahraga. Sementara, GIIAS 2016 merupakan pameran otomotif, khususnya kendaraan roda empat. Namun, tetap ada korelasi antara dua genre tersebut yang diwakilkan PT NMI.


Baca Juga :
- Kapten Arsenal Berbagi Meme Lucu Berebut Jersi No10 Bekas Mesut Ozil dengan Lacazette
- Selamat Datang, Mesut! Bintang Terbuang Arsenal Itu Telah Mendarat di Turki

Pemilik brand Nissan, Datsun, dan Infiniti ini memang kerap bersinergi dengan olahraga, khususnya sepak bola. Kehadiran saya di GIIAS pun, jadi saksi, kolaborasi PT NMI yang bekerja sama dengan salah satu klub terbesar Inggris tersebut. Bahkan, kolaborasi mereka sudah terjalin sejak dua tahun lalu, tepatnya pada Juli 2014.

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar yang berskala internasional, PT NMI, tidak hanya sekadar otomotif. Anak perusahaan dari Nissan Group ini juga dikenal di dunia olahraga. Anda menyaksikan kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat merebut medali emas perdana untuk Indonesia, semalam? Tentu, tidak asing dengan banner parade mobil yang memesona di Rio de Janeiro. Itu karena Nissan merupakan sponsor utama Olimpiade Rio 2016.

Di sisi lain, Nissan juga sudah menjalin kemitraan dengan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sejak 2014 lalu. Jika Anda menyaksikan play-off Liga Champions yang berlangsung dini hari WIB tadi, tentu tidak asing dengan tulisan"Nissan" di papan elektronik pinggir lapangan. Bahkan, 28 Mei lalu, Nissan turut mengajak warga Indonesia yang memenangkan lomba foto untuk menyaksikan final Liga Champions 2015/16 di Stadion San Siro, Milan.

*       *       *

NISSAN tidak hanya sekadar otomotif. Ya, TopSkor mencatat, selain mengadakan kontes bertema sepak bola, Nissan juga membuat kompetisi desain fashion terbesar di Tanah Air. Yaitu, Nissan MarchInVashion (MIV) 2016. Total, ada 860 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti ajang tersebut yang pengumumannya berlangsung 24 April lalu.

Dua bulan kemudian, tepatnya 16 Juni lalu, PT NMI juga mengapresiasi kinerja jurnalis. Tepatnya, dengan menggelar NMI Media Awards 2016. Saat itu, Presiden Direktur PT NMI, Antonio "Toti" Zara, mengakui, dukungan media sangat besar untuk perusahaannya, "NMI Media Awards ini merupakan momentum untuk merayakan dinamika yang baik, yang terjalin selama ini antara NMI dan media."

Teranyar, Nissan turut memotivasi calon pembalap di Tanah Air lewat Nissan GT Academy edisi kedua. Yaitu, permainan balap virtual Gran Turismo melalui perangkat Playstation untuk mencari bakat pembalap tersembunyi di Indonesia. Hadiahnya, tidak tanggung-tanggung, pemenang akan diterbangkan ke Sirkuit Silverstone, Inggris!

Nissan GT Academy merupakan demokratisasi dunia balap Indonesia. Semua lapisan masyarakat, terlepas dari latar belakangnya bisa mengikuti sekaligus menggali potensi yang tersembunyi," tutur General Manager Marketing Strategy PT NMI, Budi Nur Mukmin (19/7).

*       *       *


Baca Juga :
- Pochettino Tak Mampu Inspirasi PSG untuk Raih Kemenangan di Laga Debut
- Luncurkan Jersi Anyar, ASIOP Gandeng Ofisial Aparel Timnas Indonesia

NISSAN menempati hall 9A di ICE BSD bersama saudaranya, Datsun. Saat saya menyambangi booth PT NMI sudah disambut belasan kendaraan yang tampak memesona. Puluhan pengunjung berbaur untuk menjelajah setiap sudut di booth tersebut.

Mayoritas, berkonsultasi dengan Sales Promotion Girl (SPG) dan Sales Promotion Boy (SPB). Sementara, beberapa di antaranya tengah bermain video games sepak bola di mobil All New Nissan X-Trail yang sudah dilengkapi teknologi Nissan SOCCAR. Di sudut lain, ada yang asyik menikmati simulasi GT Academy. Pemandangan penuh warna itu sesuai dengan tema yang diusung Nissan di GIIAS 2016, "Surprising Live Fun".

Hingga sepekan ke depan, pengunjung yang mendatangi booth Nissan akan disuguhkan parade hiburan. Misalnya, kemarin (17/8), bertepatan dengan HUT RI ke-71, Nissan mengajak pengunjung untuk menikmati karya musikal dari Duta Cinta dan Titiek Puspa. Pada akhir pekan, ada penampilan dari band 5 Romeo (20/8) dan pada puncak GIIAS 2016 dimeriahkan Bagas Ran serta Darius Sinathrya dan Donna Agnesia (21/8).***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA