#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
AC Milan: Tim Sepak Bola Eropa yang Paling Berkembang dalam 12 Bulan Terakhir
13 January 2021 20:40 WIB
SEMUA bukti statistik seakan menegaskan bahwa klub sepak bola terkemuka Italia, AC Milan, bakal mengamankan gelar Serie A pertama mereka dalam 10 tahun.

Rossoneri sukses mengalahkan Torino 2-0 pada Sabtu (9/1) untuk memperpanjang keunggulan mereka di puncak klasemen Serie A menyusul hasil imbang tim berperingkat kedua, Inter Milan di kandang AS Roma pada hari Minggu.

Setelah 17 pertandingan, hampir setengah musim, Milan telah mengoleksi 40 poin, unggul tiga poin dari rival sekotanya Inter dan tujuh poin lebih banyak dibanding Juventus, meskipun sang juara bertahan masih menyimpan satu laga sisa.


Baca Juga :
- Pemilik Inter Ingin Melakukan Rebrand Klub untuk Menarik Penonton Internasional
- Klasemen Serie A: Milan Juara Paruh Musim, Inter Jaga Jarak, Juventus Merana

Namun, bukan hanya karena performa impresif Milan di liga yang baru menelan satu kali kekalahan musim ini, yang memberi kepercayaan kepada fan klub bahwa ini mungkin bisa menjadi tahun tim mengamankan scudetto mereka yang ke-19.

Selama 12 bulan terakhir, pasukan Stefano Pioli telah menjelma sebagai tim yang paling berkembang di Eropa, menurut laporan dari perusahaan data olahraga terkemuka, yang dirilis awal bulan ini.

"AC Milan telah mengalami peningkatan lebih daripada tim-tim lain di Eropa menurut peringkat sepak bola Euro Club Index (ECI) dari Gracenote dan Hypercube," seperti tertulis dalam laporan Gracenote.

Indeks Klub Eropa ini didasarkan pada hasil dalam kompetisi selama periode empat tahun, dengan penekanan pada hasil terkini.

Poin peringkat tim menang atau kalah dari lawan diperoleh setiap kali pertandingan dimainkan. Jumlah poin yang menang atau kalah bergantung pada seberapa jauh selisih kedua tim.

"AC Milan adalah satu-satunya tim yang ECI mereka bertambah lebih dari 500 poin jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.”

Dari laporan Gracenote terungkap pula bahwa dalam satu tahun terakhir, ECI dari AC Milan mengalami peningkatan paling banyak, dengan 531 poin dari sebelumnya 2.732 menjadi 3.263."

"Peningkatan rasio menang dan kawan dari AC Milan menunjukkan bahwa mereka telah naik dari menjadi tim terbaik peringkat ke-47 di Eropa tahun lalu menjadi nomor 20 sekarang."

Ibra Kembali

Gol-gol Rafael Leaol dan penalti Franck Kessie - memastikan kemenangan Milan atas Torino, dengan performa Rossoneri makin agresif dengan kembalinya penyerang Zlatan Ibrahimovic.

Bomber Milan berusia 39 tahun itu, yang telah mencetak 10 gol liga musim ini, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua dalam kemenangan hari Sabtu. Dia terakhir kali bermain untuk Milan pada 22 November.

"Dia (Ibrahimovic) pemain yang kuat, stimulus yang bagus untuk seluruh tim," ujar pelatih Stefano Pioli kepada wartawan.

Satu-satunya kekalahan Milan di Serie A terjadi pada 6 Januari, ketika Juventus mengakhiri 27 pertandingan tak terkalahkan mereka di liga sejak Maret.

"Saya mengharapkan tanggapan seperti ini setelah laga Juve, karena kami adalah tim yang muda tapi kuat," kata Pioli.


Baca Juga :
- Per Maret, Inter Akan Ganti Nama dan Badge Klub
- Terungkap! Ini Faktor yang Membuat AC Milan Bisa Kembali Hidup sejak Tahun Lalu

Selama sedekade terakhir Milan hanya sering finis di papan tengah klasemen dan belum memenangkan satu pun trofi besar sejak 2011.

Rossoneri bahkan terakhir kali bermain di Liga Champions pada musim 2013/14.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA