#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


KONI Jawa Barat Menggelar Tes Swab Besar-Besaran
20 November 2020 09:08 WIB
KONI Jawa Barat menggelar tes kesehatan besar-besaran sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kepada ratusan atlet, pelatih, serta ofisial kontingen Jawa Barat yang disiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional XX/2021 mendatang.

Tes kesehatan yang digelar KONI Jabar dilakukan melalui Swab Test. Dan, sebanyak 835 atlet, 193 pelatih, serta 14 mekanik yang masuk Tim Pelatda PON XX Jawa Barat wajib menjalaninya dan dilakukan secara  marathon selama tiga hari, Senin (16/11) hingga Rabu (18/11) di GOR Tri Lombang Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung.

Lalu, para atlet yang berada di luar Bandung pun wajib menjalani tes yang sama dan dilakukan di lokasi tempat mereka berlatih seperti atlet dayung dilakukan di Cipule Karawang dan para atlet lainnya yang tengah melakukan Pelatda di Bekasi atau Kabupaten Bogor.


Baca Juga :
- Bagus Kahfi: Pemain Belanda Kalem-kalem, tapi Punya Skill Tinggi
- Debutan Timnas U-19 asal Semen Padang Ini Kagumi Witan Sulaeman dan Penasaran pada Shin Tae-yong

Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin menegaskan, pelaksanaan Swab Test dilakukan atas kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, tidak hanya atlet, pelatih, atau mekanik di dalam tubuh Kontingen Pelatda PON XX Jabar,  para pengurus sampai karyawan KONI Jabar wajib mengikuti pelaksanaan  Swab.

“Tes kesehatan melalui Swab bagian dari program KONI Jabar sesuai amanat Pak Gubernur agar para atlet kami tetap terjaga kebugarannya dan kemahirannya. Hasilnya akan diketahui tiga hari ke depan setelah  tes kini kita lakukan,” kata Ahmad menjelaskan kepada media, Rabu (18/11).

Ahmad berharap, hasil tes nanti bisa sesuai dengan harapan, tak ada yang dinyatakan positif Covid-19. Pelaksanaan swab test kali merupakan yang pertama kali digelar secara masif dan serentak bagi seluruh anggota tim pelatda Jabar yang dipersiapkan menghadapi PON XX tahun 2021 di Papua.

Selama ini, tes kesehatan dan penerapan protokol kesehatan dilakukan oleh masing-masing cabang olahraga juga melalui swab test secara internal.

“Semoga saja apa yang kami laksanakan ini akan menjadi sebuah keyakinan dan kami berharap ini bisa digelar secara berkala untuk mencegah penyebaran Covid-19 tentu saja hasilnya semua negatif tak ada yang terpapar sama sekali,” kata Ahmad.

Disisi lain, Wakil Ketua II, Yunyun Yudiana mengatakan, KONI Jabar berinisiatif melakukan Swab Test menyusul penyebaran Covid-19 di Jaw Barat kembali mengalami peningakatan khususnya di Bandung.

“Makanya,  kami berinisiatif melakukan tes bagi semua elemen KONI Jabar terutama  dalam rangka menjalankan imbauan  Pak Gubernur yang disampaikanya dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada September lalu melalui webinar,” kata  Koordinator Pelaksana Swab Test Pelatda PON XX Jabar itu menambahkan.

Menurut Yunyun, selama ini pelaksanaan penerapan protokol kesehatan di lingkungan KONI Jabar  dilakukan secara ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 mulai dari lokasi latihan atlet hingga kesehatan atlet pun diperiksa secara rutin.

“Pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker saat akan dan setelah latihan selalu dilakukan. Tempat latihan pun rutin disemprot dengan disinfektan dan tentu saja kami berharap pandemi ini segera beres, sehingga atlet bisa kembali berlatih rutin dengan intensitas latihan baik serta kejuaraan kembali bisa digelar,” kata Yunyun.

Pelaksanaan uji usap yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, diikuti oleh semua semua atlet, pelatih, serta mekanik tim pelatda PON XX Jabar terutama yang  tengah berlatih di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

“Jadi selain di sini (GOR Tri Lomba Juang), kami pun menggelar swab test di kawasan Situ Cipule, Karawang, bagi mereka yang berlatih di luar Kota Bandung. Seperti tim pelatda PON XX dayung yang berlatih di Cipule, serta beberapa cabang olahraga lain yang melakukan latihan di Kabupaten Bekasi dan lokasi lain di luar Bandung,” kata Yunyun.


Baca Juga :
- Deretan Pemain Thailand di Persib
- Shin Tae-yong Tidak Masalah Timnas U-19 TC  Dimanapun

Upaya KONI Jabar melakukan Swab Test terhadap atlet Pelatda PON XX diapresiasi Edwin Somantri, atlet Judo. Ia menilai, pelaksanaan swab test yang digelar KONI Jabar akan menjadi salah satu upaya untuk  menekan penularan dan penyebaran Covid-19.

“Kami berlatih menggunakan lapangan secara bersama-sama. Andaikan  nanti hasilnya ada yang positif setelah Swab Test, bisa segera ditangani dan dirujuk ke rumah sakit. Ini sebagai  pencegahan dini. Saya apresiasi  dengan tes ini, olahraga bisa tetap berjalan dengan situasi yang aman,” kata Edwin.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA