#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Usianya Baru 15 Tahun, Striker Tim Junior Dortmund Ini Sudah Digaji Rp 112 Juta per Minggu dan Dikontrak Nike Senilai Rp 168 Miliar
18 November 2020 21:28 WIB
DORTMUND – Bintang muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, boleh dibilang pemain sepak bola yang paling menjanjikan saat ini dan dia belum berstatus profesional karena usianya baru 15 tahun.

Striker tim nasional U-20 Jerman kelahiran Kamerun ini baru akan memenuhi syarat untuk mendatangani kontrak profesional, Jumat (20/11), saat usianya genap 16 tahun.

Tapi, tanpa status pemain profesional pun, Moukoko sudah mengantungi bayaran yang sangat mahal. Pemain yang telah mencetak 192 gol dalam 123 laga di level junior bersama Dortmund ini digaji 6.000 paun (Rp112 juta) per pekan.


Baca Juga :
- Haaland Makin Ganas, Menyalip Ronaldo dan Zidane
- Erling Haaland Cetak 23 Gol dari 22 Laga Bundesliga, Tumbangkan Rekor Legenda Jerman

Moukoko juga telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan perusahaan raksasa Amerika Serikat Nike pada 2019 yang total nilainya mencapai 9 juta paun (Rp168,2 miliar).

Moukoko sendiri disebut-sebut mengantungi uang senilai hampir 1 juta pun (Rp18,6 miliar) dari kontraknya dengan Nike tersebut.

Harian Jerman, Bild, memprediksi Moukoko bakal mendapatkan bayaran hingga enam digit (ratusan ribu paun) saat dia melakoni debut di Bundesliga. Dan, debut itu kemungkinan dibuatnya akhir pekan ini saat Dortmund menghadapi Hertha Berlin.

Dortmund memang punya reputasi sebagai klub yang berani memberikan kenaikan gaji kepada para pemain muda pada hari ulang tahun mereka. Pekan lalu Die Borussen mengikat kontrak lima tahun dengan gelandang serang Giovani Reyna setelah dia genap 18 tahun dan menaikkan gajinya dua kali lipat.

Sejak bergabung dengan akademi Dortmund pada 2014, Moukoko langsung bersinar dengan mencetak 141 gol dalam 88 laga. Musim ini saja dia telah mencetak 13 gol dalam hanya empat pertandingan bersama tim U-19 Die Borussen dan diangkat sebagai kapten.

Kehebatan Moukoko bahkan memaksa Bundesliga menurunkan batas minimal usia pemain demi memberikan kesempatan kepada dia untuk lebih awal melakoni debutnya.

Sebelumnya, seorang pemain tidak diperbolehkan membuat debut di kompetisi elite Jerman itu sebelum berusia 16 setengah tahun. Tapi, aturan itu kini diubah menjadi hanya 16 tahun.

Kehebatan Moukoko sudah bukan cerita baru lagi. Dia bahkan telah dipercaya memperkuat tim U-17 Dortmund dan timnas U-16 Jerman saat baru berusia 12 tahun.


Baca Juga :
- Thomas Tuchel Ternyata Dipecat Borussia Dortmund Hanya karena Salah Kirim Pesan
- Seru! Bayern München Menangkan Der Klassiker Pertama Musim Ini

“Tidak ada pemain junior yang mendapatkan menit bermain dan berlatih lebih banyak daripada dia dalam beberapa tahun terakhir,” kata pelatih tim junior Dortmund, Lars Ricken.

“Ini adalah indikasi bahwa dia akan mampu mengatasi tekanan pada kancah sepak bola profesional.”

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA