#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Pencapaian Istimewa Joan Mir di MotoGP, Dua Musim langsung Melesat
17 November 2020 17:10 WIB
VALENCIA - Joan Mir, el campeon enmascarado atau Joan Mir, masker juara. Ya, Joan Mir juara MotoGP pada musim lomba "bermasker". Ketika Marc Marquez absen dan saat pandemi corona merebak, Joan Mir adalah yang terbaik.

Dia akan diingat dalam sejarah MotoGP sebagai juara ketika dunia dilanda wabah virus corona (Covid-19). Semua mengakui pencapaian pembalap dari tim Suzuki ini sebagai pencapaian yang fenomenal, mengejutkan, dan tentu saja tidak terduga.

"Saya lunglai setelah garis finis, kaki dan tangan saya seperti terlepas, dan saya mulai menangis," demikian, emosi yang masih diingat pembalap asal Spanyol ini di detik-detik dirinya memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020.


Baca Juga :
- Perebutan Tempat Kedua MotoGP Masih Ketat, Johann Zarco Tercepat FP2
- Pujian Jack Miller untuk Franco Morbidelli dan Joan Mir

Pada GP Valencia tersebut, Joan Mir, 23 tahun, memang hanya mengakhiri lomba di urutan ke-7. Tapi, pencapaian tersebut sudah cukup untuk membawanya sebagai yang terbaik musim ini karena dengan total 171 poin yang diraihnya, jumlah tersebut tidak dapat terkejar lagi oleh para pesaingnya.

Performa Mir pun mendapatkan banyak pujian, termasuk dari mantan juara dunia Jorge Lorenzo.

"Sungguh luar biasa bagaimana dia mampu menguasai tekanan sepanjang musim ini. Bagaimana dia mengaturnya. Saya tahu, Anda akan kembali meraih sejumlah sukses di tahun-tahun depan. Anda harus merayakannya, karena dalam olahraga ini, Anda tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya," kata Lorenzo, memberikan saran kepada seniornya tersebut.

Joan Mir kini tercatat sebagai pembalap keempat yang pernah memenangkan gelar juara dunia dalam sejarah MotoGP.

Dia kini bersaing dengan Lorenzo, Alex Criville, dan tentu saja Marc Marquez. Di antara keempat pembalap tersebut, Marquez yang paling banyak meraihnya yaitu pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Bagi dunia balap Spanyol, ini tentu menjadi kebanggaan. Pasalnya, ketika Marquez absen pada musim ini karena cedera patah lengannya, justru Negeri Matador tetap menampilkan pembalapnya sebagai juara dunia.

Pembalap senior dan legendaris asal Italia, Valentino Rossi, menegaskan bahwa berhasil meraih gelar juara dunia hanya di tahun keduanya di MotoGP membuat sosok Joan Mir menjadi sangat spesial.

Karier Joan Mir di MotoGP memang dimulai pada 2015 di kelas Moto3 hingga 2017 untuk kemudian naik ke Moto3 pada 2018. Baru pada 2019 dia mulai tampil di MotoGP (1.000cc).

"Tidak banyak pembalap mampu melakukan atau meraih prestasi seperti Joan Mir," kata Rossi, yang kini telah berusia 41 tahun.


Baca Juga :
- Hai Para Pencibir, Valentino Rossi Bilang Joan Mir Layak Juara Dunia!
- Joan Mir soal Suksesnya Meraih Gelar Juara Dunia MotoGP 2020: Saya Tidak Tahu Apakah Harus Menangis atau Tertawa

Kini, Joan Mir total telah tampil dalma 85 GP dengan 30 di antaranya di kelas MotoGP (1.000cc). Dia meraih 12 finis pertama dari jumlah tersebut, dengan hanya 1 kemenangan di kelas MotoGP ini tepatnya pada dua pekan lalu di GP Europa.

Mir total juga meraih 27 podium dalam kariernya sebagai pembalap dan dari jumlah tersebut, 7 di antarnya podium di MotoGP.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA