#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Yamaha Masih Bungkam Soal Pengganti Valentino Rossi
17 October 2020 01:26 WIB
MILAN - Pukulan berat dialami oleh Yamaha setelah Valentino Rossi dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing.

Di laman resmi Tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Jarvis menyebut absennya Valentino Rossi di GP Aragon pada akhir pekan ini (16-18/10/2020) dan mungkin lomba berikutnya yang masih di Sirkuit Motorland Aragon, GP Teruel, menjadi pukulan kedua bagi timnya.

Seminggu lalu, Takahiro Sumi selaku Project Leader Yamaha MotoGP dan lima teknisi Yamaha Motor Corp. tidak bisa hadir di Le Mans, Prancis, karena terinfeksi Covid-19 meskipun tanpa gejala sama sekali.


Baca Juga :
- Andrea Dovizioso Optimis Bisa Lebih Baik di MotoGP Teruel
- Honda dan Repson Sepakat Perpanjang Kerja Sama

"Kami sudah melakukan pemeriksaan dengan otoritas kesehatan Italia dan diingatkan bila ada anggota tim yang melakukan kontak dengan Valentino hingga Senin (12/10/2020) lalu harus dikeluarkan sementara dari tim untuk mengurangi risiko (penularan)," kata Jarvis.

Menjelang lima lomba tersisa di MotoGP 2020, posisi Monster Energy Yamaha MotoGP sebagai tim pabrikan memang tidak menguntungkan.

Valentino Rossi hanya berada di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan 58 poin. Rekan setimnya, Maverick Vinales, hanya berada di peringkat keempat dengan 96 poin dan terpaut 19 angka dari pemimpin klasemen, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Meskipun Rossi diperkirakan tidak akan bisa turun dalam dua lomba di Sirkuit Aragon, Yamaha belum menyebut siapa yang mungkin bisa menggantikan juara dunia MotoGP tujuh kali (2001-2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009) tersebut.

Padahal, Yamaha masih memiliki pembalap penguji, Jorge Lorenzo, yang tiga kali juara dunia MotoGP (2010, 2012, 2015) bersama mereka.

Lorenzo sebelumnya diproyeksikan turun sebagai pembalap wildcard di GP Catalunya. Namun, pandemi Covid-19 membuat kalender MotoGP berubah hingga jatah wildcard dicoret.

Pembalap asal Spanyol, 33 tahun, itu terakhir muncul saat mengikuti tes resmi di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, menggunakan Yamaha YZR-M1 versi 2019.

Sejak menjadi penguji Yamaha pada Februari 2020 lalu, Lorenzo belum pernah mengendarai M1 versi 2020 dan hanya sempat menguji motor selama empat hari dengan motor MotoGP.

Dengan keputusan tidak menyebut pengganti Rossi di Aragon, tim pabrikan Yamaha praktis hanya akan mengandalkan Maverick Vinales di GP Aragon yang akan memulai tes bebas pada Jumat (16/10/2020) siang.

Valentino Rossi menjadi pembalap kedua di Kejuaraan Dunia Balap Motor 2020 yang terjangkit Covid-19 setelah Jorge Martin.

Pembalap yang sebelumnya difavoritkan juara di kelas Moto2 itu terpaksa absen pada dua lomba di Sirkuit Misano, GP San Marino dan GP Emilia Romagna, pada 13 dan 20 September 2020 lalu.

Celakanya, Jorge Martin pun tidak mampu menuai poin setelah kembali ke trek karena gagal finis di dua lomba terakhir, GP Catalunya dan GP Prancis.

Dalam keterangan resminya, Yamaha Motor Racing menyebut Valentino Rossi langsung meninggalkan Le Mans untuk pulang ke rumahnya di Tavullia, Italia, pada Minggu (11/10/2020).

Pada Selasa (13/10/2020), Rossi melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dan hasilnya baru diketahui sehari kemudian dan negatif. Rossi mengaku fit dan berlatih di rumah tanpa merasakan gejala apa pun pada Rabu (14/10/2020).


Baca Juga :
- Valentino Rossi Tak Mau Kehilangan Momen Pesta Ultah Pacarnya, Tapi Pulangnya Malah Covid-19
- Raih Hasil Mengecewakan di Aragon, Fabio Quartararo Deteksi Penyebab

Namun ada Kamis (15/10/2020), Rossi bangun dan merasakan tidak enak badan. Dokter pun dipanggil untuk melakukan dua tes. Pertama, "tes cepat PCR" dan hasilnya negatif. Kedua, tes PCR sesuai standar yang hasilnya diketahui pada Kamis petang dan positif.

Yamaha menjelaskan, selama berada di rumah sejak Minggu malam sampai Kamis, Valentino Rossi tidak melakukan kontak fisik dengan kru tim Yamaha yang kini bersiap di GP Aragon, termasuk para pembalap dan staf dari tim binaannya, VR46 Academy.

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA