#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Mesin Gol Derbi Milan: Rekor Shevchenko Belum Terpatahkan, Altafini Satu-satunya Pencetak Quattrick
16 October 2020 16:52 WIB
MILAN - Derby Milan atau derby della Madonnina yang ke-226 akan digelar Sabtu (17/10). Duel antara dua klub yang masing-masing memiliki sarat sejarah, baik di kompetisi domestik, ajang Eropa, hingga dalam duel sekota.

Setiap kali duel ini datang, selalu menarik untuk melihat kembali barisan penyerang dalam derby ini. Untuk kategori ini, tidak mungkin pula melupakan sosok Andriy Shevchenko.

Pria yang kini melatih timnas negerinya, Ukraina, menjadi mesin gol AC Milan sejak 1999 hingga 2006 sebelum dirinya pergi bergabung ke Chelsea.


Baca Juga :
- Ini Daftar Pemain AC Milan untuk Laga lawan Celtic Malam Ini, Ada Ibrahimovic tapi Tanpa Hakan Calhanoglu
- Alasan Inter Milan Menjual Roberto Carlos ke Real Madrid, Terungkap! “Saat Dia Pergi, Semua Kacau Balau," Kata Roy Hodgson

Sheva sempat kembali lagi pada 2008/09 dengan status pinjaman dari klub Liga Primer tersebut. Salah satu momen terbaik Sheva dalam derby Milan terjadi pada 11 Mei 2001 ketika dia membawa I Rossoneri menggulung Inter, 6-0.

Pada laga tersebut, Sheva mencetak dua gol dan memberikan 1 assist untuk gol Serginho, gol keenam Milan yang ketika itu masih di bawah kepelatihan Mauro Tassotti sedangkan Inter di bawah asuhan Marco Tardelli.

Gol terakhirnya dalam derby Milan terjadi pada 11 Desember 2005. Ketika itu, Shevchenko mencetak satu gol setelah memanfaatkan assist Adriano. Dengan gol itu pula, total Shevchenko telah menorehkan 14 gol sekaligus menempatkannya sebagai pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam derby Milan.

Dari 14 gol tersebut, 8 gol di antaranya diciptakan dalam ajang Seri A, 3 gol di Piala Italia, dan 3 gol di Liga Champions.

Hingga kini, rekor tersebut belum lagi terpatahkan. Masih ada Zlatan Ibrahimovic, pemain yang masih aktif.

Ibra kini memperkuat AC Milan dan kemungkinan besar akan tampil dalam derby Milan besok. Namun, gol Ibra masih di angka 6 gol atau di posisi keenam dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa derby Milan.

Penyerang asal Swedia ini termasuk mesin gol derby yang unik karena 6 gol yang dikoleksinya bukan hanya untuk satu klub. Dari jumlah tersebut, 4 gol diciptakan untuk Milan dan 2 gol untuk Inter.

Zlatan Ibrahimovic memperkuat FC Internazionale dan AC Milan/Skysport.it

Pada 2006/07, Ibra mencetak gol ke gawang Milan pada pertemuan pertama musim itu dan pertemuan kedua. Musim itu, dia membawa Inter meraih gelar Seri A.

Total, Ibra membawa Inter meraih tiga gelar Seri A. Sedangkan bersama Milan, hanya satu trofi Seri A yaitu pada 2009/10.

Inter juga memiliki mesin gol derby yaitu Diego Milito. Penyerang asal Argentina ini tercatat masuk dalam rekor derby yang mencetak hattrick dalam satu laga duel klub sekota ini.

Milito yang menorehkan 6 gol dalam derby mencetak hattrick tersebut pada 2011/12, tepatnya 6 Mei 2012, dalam kemenangan Inter 3-0 atas Milan.

Milito masuk dalam sejarah derby sebagai pemain yang mencetak hattrick selain Giovanni Capra yang hattricknya tercipta pada 6 Februari 1910, lalu Amedio Amadei pada 6 November 1949, Istvan Nyers 1 November 1953, dan selanjutnya Mauro Icardi pada 15 Oktober 2017.

Di antara pencetak gol dalam sejarah derby, ada sosok Sandro Mazzola. Selain masuk dalam 10 pencetak gol terbanyak derby Milan, Mazzola juga menorehkan rekor gol tercepat dalam derby yaitu 13 detik untuk Inter pada 24 Februari 1963.

Jose Altafini (AC Milan)/MilanLegend

Sedangkan gol tercepat yang diciptakan mesin gol Milan adalah dari aksi Jose Altafini pada 26 Maret 1961. Ketika itu, Altafini mencetak gol pada detik ke-25.


Baca Juga :
- Siaran Langsung Liga Europa, SCTV: Celtic vs AC Milan, Jumat (23/10) Pukul 02.00 WIB
- AC Milan lagi Happy, Kontrak Ibrahimovic, Donnarumma, dan Calhanoglu pun Bakal Diperpanjang

Altafini, penyerang yang juga dikenal dengan panggilan Mazzola, merupakan pemain yang diingat dalam generasi timnas Brasil era kemunculan Pele.

Pria yang juga pernah memperkuat timnas Italia ini hanya satu-satunya sebagai pemain yang mampu mencetak 4 (quatrick) gol dalam satu laga derby. Tepatnya pada 27 Maret 1960.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA