#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Inilah Dinasti Nurmagomedov. Khabib dan 3 Sepupunya Bersinar di Kancah MMA Berkat Tangan Dingin Almarhum Abdulmanap
10 October 2020 21:43 WIB
DAGESTAN atau Republik Dagestan pernah dijuluki “tempat paling berbahaya di Eropa” oleh BBC pada 2011. Pasalnya, saat itu hampir setiap hari terjadi serangan bom atau insiden tembak menembak antara polisi dan kelompok pemberontak di negara bagian Rusia tersebut.

Tapi, situasi yang sangat keras itu berhasil melahirkan dinasti Nurmagomedov yang berkibar di kancah seni bela diri campuran (MMA).

Dinasti ini dipimpin oleh Khabib Nurmagomedov, petarung 32 tahun yang mencatatkan rekor 28-0 di MMA dan akan kembali bergabung dengan UFC pada 24 Oktober mendatang melawan Justin Gaethje.


Baca Juga :
- Dia Tidak Terkendali: Mantan Istri Mike Perry, Danielle Nickerson Ungkap Dugaan Pelecehan
- Target Khabib 13-0, Tertinggal dari Legenda Jon Jones dan Anderson Silva

Selain Khabib, masih ada tiga saudara sepupunya yang juga berkibar di pentas MMA yaitu Usman yang dijuluki “pembunuh sejati”, Abubakar yang pernah berkelahi dengan Conor McGregor, dan Umar yang menorehkan rekor sempurna 12-0.

Keempat anggota dinasti Nurmagomedov ini dilatih oleh ayah Khabib, Abdulmanap, hingga akhirnya dia tutup usia pada usia 57 tahun karena terinfeksi Covid-19 pada 3 Juli lalu.

Berikut ini keempat petarung hebat dari keluarga Nurmagomedov:

Khabib

Tak ada lagi yang harus dikatakan mengenai petarung yang menaklukkan The Notorious Conor McGregor ini. Khabib menjadi petarung paling ditakuti di kelas ringan dan siap jadi yang terhebat sepanjang masa di kelasnya.

Dengan rekor 28-0, Khabib memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di kancah MMA dan namanya kian berkibar usai mengalahkan McGregor dengan submission pada 2018.

Khabib yang dijuluki “The Eagle” dan akan menghadapi Gaethje pada UFC 254 boleh dibilang bintang terbesar yang dimiliki UFC saat ini.

Usman

Ini adalah anggota klan Nurmagomedov yang paling diyakini bisa mengikuti jejak sukses Khabib. Pria 24 tahun ini baru saja menandatangani kontrak multi-tahun dan multi-tarung dengan Bellator MMA.

Usman akan bertarung di kelas ringan yang kini didominasi oleh Patricio “Pitbull” Freire. Manajer Khabib, Ali Abdelaziz bahkan menilai Usman lebih baik daripada “The Eagle.”

“Rekornya 10-0, semuanya tuntas. Dia pembunuh sejati,” kata Abdelaziz.

“Dia seorang spesialis Muay Thai dan sepupu Khabib? Jika kita sedarah dengan Khabib, kita pasti bagus dalam gulat.

“Saya bisa bilang, dia versi yang lebih baik dari Khabib. Dia lebih baik daripada Khabib. Publik harus melihatnya.”

Umar

Umar akan bertarung pada UFC 254 bersama Khabib. Dia akan menghadapi Sergey Morozov di kelas bantam.

Seperti Khabib dan Usman, Umar juga tidak terkalahkan dengan rekor 12-0. Dia membangun reputasinya dengan bertarung di Pro Fighting League, Fight Star, Samara MMA Federation, Battle on Volga, dan Gorilla Fighting Championship.

Pemuda 24 tahun ini sempat dijadwalkan bertarung melawan Nathaniel Wood pada Fight Island Juli lalu, tapi mengundurkan diri. Dia bagian dari lingkaran terdalam Khabib dan berlatih secara reguler bersama “The Eagle.”

Abubakar

Sebagai sepupu tertua, Abubakar selalu mendukung Khabib sepanjang kariernya. Pria 30 tahun ini bertarung di kelas welter UFC.

Dia mencatatkan 15 kemenangan dalam 19 pertarungan di ajang MMA dengan tiga kekalahan. Namanya semakin dikenal publik MMA lantaran insiden yang melibatkannya pada 2018.

Saat mendampingi Khabib melawan McGregor pada UFC 229, Abubakar melompat ke atas pentas seusai pertarungan dan menghardik cornermanThe Notorious”, Dillion Danis. Dia kemudian terlibat perkelahian dengan McGregor dan wajahnya terkena pukulan.

Pada Januari 2019, Abubakar dijatuhi sanksi setahun dan denda 20 ribu paun (Rp384 juta) atas insiden itu.

Abdulmanap

Tidak bisa dibantah bahwa Khabib dan ketiga sepupunya tidak akan bisa sukses di kancah MMA jika bukan karena Abdulmanap yang menggembleng mereka.


Baca Juga :
- Khabib dan Justin Gaethje Tiba di Fight Island dengan Masker seperti Penjahat Super Tom Hardy
- Tampil dengan Potongan Rambut Baru, Petarung UFC Ini Malah Jadi Sorotan karena Sesuatu yang Terlalu Menonjol dari Balik Celananya

Dia sendiri seorang mantan atlet top yang memenangi penghargaan Master of Sports di bidang gulat gaya bebas. Abdulmanap juga menguasai judo dan sambo yang dipelajarinya saat aktif sebagai militer.

Setelah mnegakhiri karier sebagai atlet, Abdulmanap langsung beralih profesi sebagai pelatih. Tapi, metode latihan yang diterapkannya sering terlihat kontroversial. Di antaranya, dia pernah menyuruh Khabib yang masih berusia 12 untuk bergulat melawan seekor beruang.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA