#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Madrid dan Barcelona Melepas Banyak Pemain Berkelas, Daftarnya Bakal Bertambah Panjang
25 September 2020 19:10 WIB
MADRID - Banyak perubahan besar yang terjadi antara dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, antara Los Merengues dan Los Azulgrana kerap melepaskan atau menjual sejumlah pemainnya.

Sejumlah pemain yang performanya dinilai tidak maksimal mereka lepas. Alasan lainnya adalah pelatih tidak menginginkan mereka. Yang terjadi dengan Gareth Bale dan terkini yaitu Luis Suarez salah satu contohnya.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, tidak menginginkan Bale bahkan ini sudah terjadi sejak dua musim terakhir. Sedangkan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, datang dan langsung menjadikan Luis Suarez dan Arturo Vidal sebagai tumbal dari perubahan yang dilakukannya.


Baca Juga :
- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Curhat kepada Pelatih Dynamo Kiev setelah Laga Berakhir
- Ronald Koeman: Kami Melihat Tim Kelaparan

Baik Bale dan Suarez datang sebagai pemain bintang namun kemudian mereka kemudian berakhir di klub yang lainnya. Bale dan Suarez faktanya hanya satu dari deretan pemain yang berstatus bintang dunia dan memiliki talenta besar tapi kemudian harus pergi.

Ivan Rakitic, Achraf Hakimi, Semedo, Arthur, Dani Ceballos, Vidal, atau James Rodriguez. Mereka adalah pemain yang musim ini meninggalkan dua klub raksasa Spanyol ini. Namun, tentu saja masih banyak lagi sebelumnya yang memmiliki"nasib" yang sama.

Bahkan, jika nama-nama tersebut dikumpulkan kembali dan dibentuk sebuah tim, ternyata bisa membentuk sebuah tim yang di atas kertas sangat menjanjikan. Berikut sejumlah perubahan yang terjadi di setiap lini baik di Madrid maupun Barcelona:

Kiper

Baik Madrid dan Barcelona telah melakukan perubahan di bawah mistar, itu juga terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Madrid mengandalkan Thibaut Courtois sedangkan Barcelona dengan Marc-Andre Ter Stegen.

Karena perubahan tersebut, membuat kiper sekelas timnas yaitu Keylar Navas harus meninggalkan Madrid dan bergabung ke Paris Saint Germain. Sedangkan di Barcelona perubahannya hanya terjadi di lapis kedua yaitu Jasper Cillessen yang dilepas ke Valencia dan ditukar dengan penjaga gawang Los Che tersebut, Neto.

Cillessen sendiri yang bergabung pada 2016 diproyeksikan sebagai pengganti Claudio Bravo yang pergi ke Manchester City.

Belakang

Untuk zona pertahanan, kedua klub memang hanya sedikit melakukan perubahan. Di Madrid contohnya, Los Merengues masih sangat percaya dengan duet Sergio Ramos dan Raphael Varane di jantung pertahanan.

Sedagkan Barcelona tetap dengan Gerard Pique yang tandemnya bergantian antara Clement Lenglet dan Samuel Umtiti. Karena situasi ini pula yang membuat sejumlah pemain lapis kedua pergi. Madrid melepas Javi Hernandez ke Valladolid dan Vallejo dipinjamkan ke Granada.

Di Barcelona, diawali dengan kepergian Thomas Vermaelen karena kontraknya yang memang telah berakhir. Vermaelen kemudian bergabung ke tim asuhan Andres Iniesta, Vissel Kobe.

Sedangkan untuk bek kanan dan kiri, Madrid telah melepas talenta mereka yang sebenarnya memiliki potensi besar di posisinya, yaitu Achraf Hakimi yag ke Inter setelah musim sebelumnya dipinjamkan ke Real Madrid.

Madrid juga melepas Sergio Reguilon yang juga dipinjamkan dan kini bergabung ke Tottenham. Di Barcelona, Nelson Semedo sudah dipastikan akan meninggalkan timnya. Jika melihat musim lalu pula, ada Theo Hernandez yang harus meninggalkan Madrid.

Tengah

Di zona lapangan tengah inilah banyak ditemukan sejumlah nama besar yang pergi. Khusus musim panas ini contohnya, ada Arthur, Ivan Rakitic, Cucurella, meninggalkan Barcelona. Nama seperti Arda Turan juga termasuk meski sudah lama bintang asal Turki ini bermain di tim yang berbeda dengan status pinjaman.

Arturo Vidal (kiri), Marcos Llorente (tengah), dan Ivan Rakitic

 

Di Madrid ada Oscar Rodriguez dan James Rodriguez. Lalu, jika melihat sejak musim lalu, daftar di lini tengah semakin panjang. Sejumlah pemain seperti Andre Gomes dan Denis Suarez telah meninggalkan Barcelona.

Sedangkan di Madrid pemain seperti Marcos Llorente dan Matteo Kovacic meninggalkan Madrid. Belum lagi nama seperti Dani Ceballos, Takefusa Kubo, atau Brahim Diaz.

Depan

Untuk zona lini serang, Bale dan Suarez bukanlah satu-satunya nama besar yang harus pergi. Di Barca contohnya, mereka telah melepas Carlos Perez yang bergabung ke Roma sejak Januari lalu. Lalu tahun sebelumnya ada Paco Alcacer dan Malcom.

Untuk Madrid, sejumlah penyerang yang diyakin memiliki talenta di masa depan juga telah dilepas yaitu seperti Alberto Soro, Dani Gomez, Jorge de Frutos, serta tahun lalu Raul de Tomas.


Baca Juga :
- Tanpa Messi Barcelona Obok-obok Dynamo Kyiv 4-0
- Zinedine Zidane Akan Kembali ke San Siro, Tempat Dirinya Memulai Siklus Sukses di Liga Champions

Situasi ini pun belum berakhir. Ada sejumlah pemain yang jengah tengah menghitung hari untuk pergi meninggalkan Madrid atau Barcelona, baik itu penjualan atau sebagai pinjaman.

Di Madrid ada Luka Jovic, Mariano Diaz, Nacho Fernández, sedangkan di Barcelona ada Umtiti, Dembele Riqui Puig. Dengan situasi ini pula, dapat di mix para pemain buangan ini menjadi sebuah tim.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA