#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Barcelona Naikkan Klausul Ansu Fati Menjadi Rp 6,9 Triliun, tapi Kontraknya Belum Diperpanjang
24 September 2020 16:20 WIB
BARCELONA – Ansu Fati mendapatkan kontrak baru dari Barcelona berkat aksi impresifnya sepanjang musim lalu. Striker 17 tahun ini juga secara resmi didaftarkan dalam skuat inti Los Blaugrana musim ini dan mendapatkan nomor punggung 22. 

Fati menjadi sensasi dalam musim debutnya bersama Barcelona pada 2019/20 dengan mencetak 8 gol dan satu assist dalam 33 pertandingan di seluruh kompetisi.

Pemain kelahiran Guinea-Bissau ini juga mengukir rekor sebagai pemain termuda yang pernah mencetak gol buat tim nasional Spanyol.


Baca Juga :
- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman Curhat kepada Pelatih Dynamo Kiev setelah Laga Berakhir
- Ronald Koeman: Kami Melihat Tim Kelaparan

Dalam kontrak baru tersebut nilai klausul pelepasan Fati dinaikkan menjadi 400 juta euro (Rp6,9 triliun). Ini menunjukkan kenaikan yang luar biasa dari nilai klausul sebelumnya yang hanya 170 juta euro (Rp2,9 triliun).

Meski begitu, kontrak Fati dengan Barcelona masih tetap berlaku hingga 2022 dan nilai bayarannya pun tidak akan mengalami kenaikan.

Hal ini sebabkan Fati masih termasuk kelompok pemain di bawah umur dan para pemain di bawah usia 18 tahun tidak diperbolehkan menandatangani kontrak lebih dari tiga tahun. Artinya, Barcelona belum bisa mengaktifkan keputusan untuk memperpanjang kontrak sang pemain selama dua tahun lagi.

Kontrak tersebut baru akan bisa ditandatangani oleh kedua belah pihak saat Fati mencapai usia 18 tahun pada 31 Oktober mendatang.

Fati mencatatkan rekor sebagai pemain termuda kedua yang melakoni debut di tim senior Barcelona dalam kemenangan 5-2 atas Real Betis di La Liga pada 25 Agustus 2019 dengan usia 16 tahun dan 298.

Sepekan kemudian, dia menjadi pencetak gol termuda buat Barcelona sepanjang sejarah saat bermain imbang 2-2 lawan Osasuna.

Aksi impresifnya sepanjang musim lalu membuat pelatih Luis Enrique memberikan kepercayaan kepada Fati untuk memperkuat timnas senior Spanyol. Usai melakoni debut lawan Jerman pada pada 3 September, dia menjadi pencetak gol termuda buat La Furia Roja dalam kemenangan 4-0 atas Ukraina tiga hari kemudian dengan usia 17 tahun dan 311 hari.

Dengan demikian, Fati mematahkan rekor yang telah bertahan selama 95 tahun yang dibuat Juan Errazquin Tomas dengan usia 18 tahun dan 344 hari.

“Saya akan terus bekerja keras dan pelatih yang akan memutuskan,” kata Fati saat ditanya apakah dia akan bisa memainkan lebih banyak pertandingan bersama Barcelona di bawah asuhan pelatih baru Ronald Koeman musim ini.

“Saya akan berlatih keras dan jika saya mendapatkan kesempatan itu, saya akan berusaha memanfaatkannya.”


Baca Juga :
- Tanpa Messi Barcelona Obok-obok Dynamo Kyiv 4-0
- Dalam kariernya sebagai Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone telah Menghadapi Delapan Pelatih Barcelona

Fati yang musim lalu mengenakan nomor punggung 31, kini akan memakai nomor 22 yang ditinggalkan Arturo Vidal yang telah pindah ke Inter Milan. Dia menjadi pemain Barcelona ke-14 yang memakai nomor 22 sejak nomor itu pertama kali diperkenalkan pada musim 1995/96. 

Menariknya, pemain pertama yang memakai nomor 22 di Camp Nou adalah kiper Julen Lopetegui yang kini menjadi pelatih Sevilla. Setelah itu, nomor tersebut juga pernah dipakai Michael Reiziger, Frank De Boer, Javier Saviola, Eric Abidal, Dani Alves, dan Aleix Vidal.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA