#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Rapor Pemain Timnas Indonesia U-19 versus Qatar U-19
21 September 2020 16:55 WIB
JAKARTA - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 hampir saja mengalahkan timnas Qatar U-19 untuk kedua kalinya dalam partai uji coba di Kroasia, Minggu (20/9/2020).

Bertanding di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Kroasia, skuad Garuda Muda harus puas bermain 1-1. Padahal timnas U-19 unggul terlebih dahulu berkat gol Saddam Emiruddin memanfaatkan umpan lemparan jauh Arhan Pratama pada menit ke-62.

Qatar baru bisa menyamakan kedudukan sesaat jelang bubaran lewat eksekusi penalti Abdulkarim Altairi. Secara penampilan timnas U-19 terus memperlihatkan progres.


Baca Juga :
- Satgas Covid-19: Aktivitas Apa Pun, Termasuk Kompetisi Sepak Bola, Boleh Digelar Selama Bisa Berkomitmen
- Elkan Baggott Pamit Tinggalkan TC Timnas U-19

Bahkan timnas U-19 nyaris mencatat clean-sheet untuk kali pertama sepanjang uji coba di Kroasia andai bek tengah Rizky Ridho tak mengganjal pemain Qatar U-19 di kotak penalti.

Kredit khusus layak diberikan kepada Arhan Pratama yang semakin percaya diri mengisi tempat di sisi kiri pertahanan. Berdasarkan data yang dihimpun Statoskop, Arhan Pratama meraih rating tertinggi timnas Indonesia U-19 pada laga ini dengan nilai 8.0.

Di bawan Arhan ada sang pencetak gol Saddam Emiruddin, yang mendapat nilai 7,4. Pemain muda PSS Sleman tersebut memang tidak banyak mendapat peluang mencetak gol.

Namun efektivitas dan agresivitas striker jangkung timnas U-19 ini menjadi momok lini pertahanan Qatar U-19. Berikutnya, meskipun hanya tampil pada babak pertama, Beckham Putra mendapatkan nilai tertinggi ketiga, yakni 7,2.

Pemain Persib Bandung tersebut beberapa kali melepaskan umpan kunci kepada barisan depan timnas U-19. Di bawah Beckham ada nama Witan Sulaeman, satu-satunya pemain selain kiper M Adisatryo yang selalu dimainkan Shin Tae-yong sebagai starter dalam lima uji coba di Kroasia.

Kualitas individu disertai teknik mumpuni pemuda asal Palu tersebut, berhasil memecah konsentrasi barisan pertahan Qatar dari sisi kanan.

Di sektor pertahanan, Komang Teguh tampil cukup baik. Pemain Bali United tersebut mendapat rating 6,9. Dua pemain yakni Brylian Aldama dan Bagas Kaffa mendapat nilai sama, 6,8.

Meskipun tak terlihat menonjol, peran Braif Fatari sebagai shadow striker masih mendapat nilai cukup baik yakni 6,7. Pemain Persija Jakarta tersebut, bermain lugas dan mampu membuka ruang dengan baik untuk pemain dari lini kedua merangsek ke kotak penalti lawan.

Sementara perfoma kiper Muhammad Adi Satryo, juga terus mengalami peningkatan. Berkat beberapa penyelamatan dan aksinya, kiper PSMS Medan tersebut meraih rating 6,6.

Mohammad Supriadi sejatinya tampil eksplosif sepanjang pertandingan. Namun satu kesalahan dalam melepaskan umpan yang kemudian berbuah penalti bagi Qatar, membuat winger Persebaya Surabaya tersebut hanya meraih nilai 6,3.

Pun dengan Rizky Ridho yang melanggar pemain Qatar U-19 di kotak terlarang mendapatkan nilai 6,1. Dua pemain pengganti yakni David Maulana dan M Bahril Fajar masing masing-masing mendapat rating 5,8 dan 5,6.


Baca Juga :
- Kembali lawan UEA U-16 dalam Uji Coba Kedua, Timnas U-16 Akan Merotasi Kiper
- Meski Kalah dari UEA U-16, Bima Sakti Menilai Timnas U-16 Mengalami Banyak Kemajuan

Secara keseluruhan, timnas Indonesia U-16 mendapatkan rating 6,71. Pada laga uji coba selanjutnya, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Bosnia dan Herzegovina U-19 (25/9/2020) serta Dinamo Zagreb (28/9/2020) sebagai penutup TC di Kroasia.*04

Skor Indeks 6.71

Pratama Arhan 8.0
Saddam Gaffar 7.4
Beckham Putra 7.2
Witan Sulaeman 7.1
Komang Teguh 6.9
Brylian Aldama 6.8
Bagas Kaffa 6.8
Braif Fatari 6.7
M. Adisatryo 6.6
Moch. Supriadi 6.3
Rizky Ridho 6.1
David Maulana 5.8
M. Bahril Fajar 5.6

BERITA TERKAIT

news
For me, Everyday it's a Game Day....
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA