#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Stadion Papua Bangkit Segera Ganti Nama Jadi Stadion Lukas Enembe, Ini Alasannya
17 September 2020 23:25 WIB
JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berencana segera mengganti nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe pada 20 Oktober 2020.

Tanggal tersebut juga bertepatan dengan peresmian seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua.

Hal tersebut ditegaskan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, Kamis (17/9/2020).


Baca Juga :
- Gubernur Papua Resmikan Sembilan Venue PON XX
- Federasi Arung Jeram Jawa Barat Menunggu Komitmen KONI Jabar

Alexander mengatakan, kini Pemprov Papua tinggal menunggu legal opini dari sisi regulasi, terkait pengusulan pergantian nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe, lewat peraturan daerah (Perda).

"Regulasi ini sudah diusulkan ke Mendagri, sehingga apabila nomor registernya terbit, maka perubahan nama stadion sudah dapat diproses," kata Alexander dikutip dari Antara.

Menurut Alexander, pihaknya optimistis sebelum 20 Oktober 2020, proses administrasi perubahan nama Stadion Papua Bangkit sudah pasti rampung.

"Alasan kami memilih 20 Oktober 2020 sebagai tanggal peresmiannya, karena semula ditetapkan sebagai hari pembukaan PON 2020," ujarnya.

Alexander kemudian menjelaskan, dengan ditundanya PON ke tahun 2021, pihaknya mengambil momentum tahun ini untuk mengganti nama stadion.

Gubernur Lukas Enembe akan meresmikan perubahan nama stadion, sekaligus meresmikan semua venue yang telah dikerjakan.

"Ditetapkannya Lukas Enembe sebagai nama stadion merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan terhadap seorang pemimpin Bumi Cenderawasih selama dua periode," kata Alexander lagi.

Dia menambahkan Gubernur Lukas Enembe juga berjasa mengantarkan Provinsi Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan PON 2021.

Stadion Papua Bangkit sendiri merupakan bangunan baru di Papua. Bisa disebut sebagai stadion termegah dan terindah di Indonesia Timur.


Baca Juga :
- Meski PON Ditunda, Tim Sepak Bola Jateng Tetap Jalani Tes Fisik Bertahap
- Pemain Persipura Jayapura Wajib Stay At Home dan di Jayapura

Terletak di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, stadion ini dibangun dengan biaya mencapai Rp 1,3 triliun.

Stadion tersebut memiliki daya tampung lebih dari 40 ribu penonton. Pembangunannya dimulai sejak akhir 2016[3] dan selesai pada Mei 2019.*05

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA