#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Ini Alasan Liverpool Mendatangkan Thiago: Butuh Umpan Terobosan
17 September 2020 20:10 WIB
LIVERPOOL – Thiago Alcantara akan menjadi instrumen serangan Liverpool. Tapi di mana dan apa fungsi gelandang asal Spanyol ini dalam permainan The Reds asuhan Juergen Klopp?

Jika melihat kekuatan Liverpool saat ini, khususnya setelah kemenangan atas Leeds United, The Reds terlihat sudah nyaris sempurna.

Meski demikian, tentu saja selalu ada perubahan yang harus dilakukan. Bagi Klopp, perubahan tersebut penting karena dalam dua musim terakhir, serangan Liverpool sudah sangat khas dan mudah diketahui oleh lawan.


Baca Juga :
- Cederai Bek Liverpool Van Dijk, Kiper Everton Ini Sewa Bodyguard karena Diancam Pembunuhan
- Adam Lallana Mengaku Dikeluarkan dari Grup WhatsApp Skuat Liverpool Hanya Selang Sehari Setelah Hijrah ke Brighton

Dengan pola 4-3-3, Klopp memberikan tekanan dari sisi kedua sayap yaitu Trent Alexander Arnold dan Andrew Robertson.

Kedua pemain inilah yang memberikan efek tekanan ke lini depan, yaitu kepada dua penyerang sayap: Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Musim lalu contohnya, menurut Skysport, persentase serangan Liverpool yang paling kuat memang ada di dua sisi lapangan tersbut. Liverpool lebih banyak fokus melakukan tekanan dari sayap kanan sebanyak 36 persen, sedangkan sayap kiri 38 persen.

Sementara untuk serangan dari tengah, hanya mengambil 26 persen dari serangan The Reds. Serangan ini sudah sangat diketahui oleh lawan-lawan mereka.

Karena itu, Klopp menginginkan ada pemain yang mampu memiliki kemampuan membangun serangan dari kedalaman, tepatnya mulai dari tengah.

Situasi ini dibutuhkan ketika serangan dari sayap baik itu oleh Arnold maupun Robertson sulit untuk menembus hingga ke sisi pertahanan lawan. Situasi ini yang sudah dipikirkan oleh Klopp. Dan, karena alasan inilah dia mendatangkan Thiago.

Thiago bukan hanya sekadar gelandang yang pintar atau memiliki kemampuan dalam menguasai bola, melainkan juga mampu menciptakan sirkulasi bola dengan cara yang cepat.

Aspek lain yang membuat Klopp mendatangkan Thiago adalah kemampuannya dalam memberikan umpan terobosan atau through ball.

Tidak jarang, aliran serangan Liverpool justru terhenti di pertahanan lawan. Thiago memiliki kemampuan dalam memberikan umpan terobosan dari tengah lapangan.

Through ball adalah operan yang dilakukan di antara pemain lawan dan ini butuh pemain yang memiliki kemampuan tersebut. Thiago salah satu yang terbaik dalam soal umpan terobosan.

Faktanya pula, umpan terobosan ini salah satu yang boleh dibilang minim dari para gelandang Liverpool. Jika dibandingkan umpa terobosan Liverpool dan Manchester City, sangat jauh perbedaannya.

Di City, Kevin De Bruyne melakukan 13 umpan terobosan yang tepat sasaran. Jumlah tersebut tiga kali lipat dari barisan gelandang Liverpool.


Baca Juga :
- Jordan Pickford Tempatkan Pengawal di Sekitar Rumahnya karena Kerap Mendapat Teror dari Suporter Liverpool
- Jose Mourinho Perlihatkan Pemain Tottenham yang Kecanduan Gawai dengan Cara yang Satire tapi Tetap Jenaka

Yang terbanyak hanyalah Henderson, Naby Keita, dan Mohamed Salah yang mencatat 4 umpan terobosan yang berhasil.

Dan, soal umpan yang tepat sasaran, Thiago selalu berada di peringakat pertama di Bundesliga musim lalu. Jadi, inilah yang membuat Liverpool mendatangkan Thiago.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA