#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


INFOGRAFIS: Ternyata Mo Salah Punya Rapor yang Lebih Baik dibanding Cristiano Ronaldo
17 September 2020 09:33 WIB
LIVERPOOL – Mohamed Salah mengawali musim ini dengan sejumlah catatan yang sangat positif, membuat penyerang Liverpool ini menjadi perhatian.

Salah mencetak hattrick saat membawa Liverpool menang atas Leeds United, pekan lalu. Dengan tiga gol tersebut, menempatkan bintang timnas Mesir ini untuk sementara memimpin klasemen pencetak gol terbanyak Liga Primer 2020/21.

Selain gol, Salah pun mengejutkan dengan tercatat sebagai pemain Liverpool yang paling banyak menyentuh bola pada laga pekan pertama tersebut. Sesuai statistik resmi dari Liga Primer, penyerang 28 tahun ini 88 kali menyentuh bola.


Baca Juga :
- Calvert Lewin yang Membedakan Everton dengan Liverpool
- Survei Membuktikan Pria yang Mendukung Arsenal Lebih Menarik di Mata Wanita, tapi Paling Cenderung Selingkuh

Tidak ada pemain The Reds yang paling banyak menyentuh bola saat lawan Leeds kecuali Salah. Dengan rapor itu pula, mantan bintang AS Roma dan Chelsea ini ada di posisi ke-15 dalam daftar Liga Primer untuk kategori menyentuh bola di pekan pertama ini.

Dia memang bukan yang terbanyak untuk kategori semua pemain Liga Primer di pekan tersebut, namun statistik itu memperlihatkan bahwa Salah pemain yang dominan dalam permainan The Reds ketika lawan Leeds.

Rapor 88 kali menyentuh bola tersebut pun faktanya merupakan yang terbanyak dalam kariernya dalam sebuah laga Liga Primer.

Rapor terbaiknya untuk aspek ini ada di angka 100 sentuhan, namun itu terjadi di ajang Liga Champions, tepatnya pada laga kedua lawan Atletico Madridd musim lalu. Tapi, jumlah itu diraih dalam laga yang mencapai 120 menit.

Dengan 88 kali lawan Leeds, lebih banyak dibandingkan rata-rata musism lalu yang hanya mencapai 45 per laga.

Dari aspek akurasi operan, dia mencatat 37 operan tepat sasaran saat lawan Leeds yang juga lebih baik dibandingkan rata-rata operan per laga musim lalu yang hanya mencapai 22.

Inilah salah satu strategi yang tampaknya diterapkan pelatih Juergen Klopp saat lawan Leeds. Memaksimalkan Salah, memang seperti sebuah strategi yang spekulasi, tapi terbukti berhasil.

Strategi tersebut, sisi lain yang menarik dari hattrick yang diciptakannya dalam laga tersebut. “Dia mengingatkan saya dengan Cristiano Ronaldo saat masih di Manchester United,” kata salah satu legenda MU, Gary Neville, mengomentari performa Salah saat menghadapi The Whites tersebut.

Nevilla kemudian membandingkan situasi “duet” Salah-Sadio Mane dengan MU era 2000-an yang memiliki duet Cristiano Ronaldo-Wayne Rooney.

Musim Terbaik Ronaldo di MU dan Tiga Musim Terakhir Salah di Liverpool

Faktanya, pencapaian Salah dalam tiga musim terakhir bersama Liverpool memang sangat mengesankan. Bahkan, jika dibandingkan dengan Ronaldo pada musim terbaiknya di MU, keduanya tidak terlalu jauh berbeda.

Dari aspek gol dan assist, Salah ternyata lebih baik dibandingkan dengan bintang dunia yang kini bermain di Juventus.

Dalam karier Ronaldo di MU, ada tiga musim ketika bintang asal Portugal tersebut mencatatkan statistik terbaik. Yaitu sejak 2006 hingga 2009.

Itulah fase ketika Ronaldo mulai benar-benar memperlihatkan kepada sepak bola Eropa potensinya sebagai mesin gol. Dari tiga musim tersebut, Ronaldo total mencetak 66 gol dan memberikan 20 assist.

Bandingkan dengan Salah pada tiga musim pertamanya di Liverpool (tidak termasuk musim ini yang baru memainkan satu laga). Total, Salah mencetak 73 gol dan memberikan 28 assist.

Jadi, dengan performa tersebut, Salah berada dalam jejak salah sau pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Primer.

Jumlah gol Salah pada 2017/18 yang mencapai 32 gol dalam 38 laga, faktanya lebih banyak dibandingkan dengan rekor gol Roaldo yang mencapai 31 gol pada 2007/08.


Baca Juga :
- Chelsea Tandang lawan West Brom Malam ini, Tammy Abraham Lebih Kreatif dibanding Kai Havertz
- Legenda Manchester United Sarankan Solskjaer Pakai Trio Gelandang Ini, Tinggalkan Paul Pogba

Ketika itu, dengan jumlah tersebut Ronaldo mencatat produktivtias terbaik di Liga Primer dan pada musim itu pula dia meraih trofi Ballon d’Or pertamanya.

Kini, setelah musim lalu golnya sempat menurun, Salah tampil dengan energi yang lebih besar. Dia akan memberikan ancaman yang konstan. Setelah mengoyak gawang Leeds, target selanjutnya adalah gawang Chelsea, dalam lanjutan Liga Primer, 20 September ini.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA