#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Keren! Voli Pantai PON Papua Akan Digelar di Pegunungan Perbatasan Indonesia-Papua Nugini
16 September 2020 13:25 WIB
ARENA voli pantai yang bakal digunakan untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sudah memasuki tahap akhir atau 99,5 persen rampung.

Manajer Proyek PT PP Adin Setiawan menjelaskan venue yang berada di kawasan Mako Brimob Papua di Kota Koso, Kota Jayapura ini memiliki segudang fasilitas terbaik dan dinilai unik.

Menurutnya, ini untuk kali pertama di Indonesia voli pantai dipertandingkan di atas gunung yang dikelilingi pepohonan.


Baca Juga :
- Sejarah Hari Ini: Aksi Ciamik Boaz Solossa Tumbangkan Persib di Piala Presiden
- Siaran Langsung NET TV dan Mola TV: Timnas Indonesia U-19 versus Qatar Malam Ini Pukul 20.30 WIB

"Pekerjaan rampung nanti pada 30 September (dan) ini sesuai dengan kontrak," kata Adin Setiawan.

"Sebenarnya harus rampung pada Juli lalu, namun karena adanya pandemi Covid-19, membuat adendum kontrak mengalami perubahan,” katanya.

Selain voli pantai, di tempat yang sama juga bakal dipertandingkan voli indoor.

Adin Setiawan mengatakan bahwa pengerjaan venue tersebut menelan anggaran senilai Rp372 miliar lebih yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Sementara itu, Bima Opriyanto, selaku manajer pembangunan venue voli, juga menuturkan arena voli pantai PON 2021 memiliki dua lapangan pertandingan dan dua lapangan pemanasan.

Selain itu, venue juga dilengkapi dengan tiga tribun yang bisa menampung 623 penonton.

Untuk voli indoor, terdapat dua lapangan pemanasan di bawah tanah dan dua lapangan pertandingan. Secara keseluruhan, venue ini bisa menampung 2.200 penonton.

Selain dilengkapi dengan fasilitas umum, seperti ruang ganti, ruang mandi, dan beberapa fasilitas lainnya, venue voli indoor juga dibangun dengan menggunakan kontruksi baja.

Venue juga dilengkapi dengan lampu berkekuatan 1.200 lux asal Jerman yang memiliki kemiripan dengan lampu Stadion Utama Papua Bangkit.

Lampu sorot di venue nantinya bisa mengikuti irama musik, termasuk juga memiliki fasilitas lengkap akses bagi kaum disabilitas.

Sementara itu, Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapis,a mengaku kian optimistis jika Provinsi Papua sudah sangat siap menjadi tuan rumah multievent olahraga terbesar di Indonesia.

Pasalnya, tak hanya arena cabor bola voli, sejumlah venue cabor lainnya juga sudah lebih dulu memasuki tahap akhir.


Baca Juga :
- Robert Alberts Senang Melihat Beckham Berkontribusi untuk Terciptanya Gol Timnas U-19
- Venue Voli PON 2020 Bakal Megah, Punya Delapan Lapangan dan Akan Didaftarkan Masuk Rekor MURI

Bahkan ada yang telah rampung seperti Stadion Papua Bangkit, venue akuatik, Istora Papua Bangkit, venue hoki indoor dan outdoor, venue kriket, venue menembak, venue bisbol, dan sofbol, juga Lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih.

"Saya ingin sampaikan bahwa Papua sudah sangat siap dan jangan ada kata pesimistis lagi, dan kepada kontestan lain di seluruh Indonesia, jangan ragu dengan persiapan Provinsi Papua," ujar Alex Kapisa.*MUHAMMAD RAMDAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA