#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Punya Pukulan Dahsyat, TNI AU Buka Lowongan Jalan Pintas, Ini Caranya!
06 August 2020 20:03 WIB
JAKARTA – Banyak sekali pemuda-pemudi di Tanah Air yang ingin mengabdi lewat jalur militer. Tentu saja, untuk jadi seorang prajurit, tak semudah itu. Banyak sekali persyaratannya dan tidak main-main. Tapi, TNI Angkatan Udara punya jalur khusus yang bisa dicoba oleh mereka yang berstatus petinju.

Memang, TNI AU punya program perekrutan atlet yang sudah memiliki dasar-dasar tinju. Sehingga ketika sudah direkrut masuk TNI AU, tinggal mengasah lagi kemampuan petinju tersebut. Perekrutan dimulai dari atlet yang usianya minimal 18 tahun atau sudah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Proses perekrutan kami lakukan dari daerah hingga pusat. Perekrutan ini yang dituju adalah masyarakat sipil dan personel TNI internal. Untuk masyarakat sipil, kami melakukan pencarian sampai ke daerah-daerah,” ucap Donald Kasenda, Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian TNI (Kadispamsanau) AU.


Baca Juga :
- Messi Bertahan, Ini Formasi Barca Pakai Trio Belanda dan Coutinho Rancangan Ronald Koeman
- Rencana Edan! Inter Bisa Jual Semua Pemain Termasuk Eriksen, kecuali Lima Anggota Skuat Ini

“Kalau ada kejuaraan-kejuaraan seperti Porda hingga PON, ada tim kami yang melakukan pemantauan," kata Donald. "Saat ada satu atlet yang mendapatkan medali emas, kami mulai melakukan pendekatan ke mereka untuk masuk ke TNI AU." Para pemandu bakat dari TNI AU itu sudah bisa melihat bibit-bibit petinju yang punya pukulan dahsyat.

Donald menuturkan, apa yang diterapkan di atas adalah jalur masuk TNI AU melalui prestasi. Atlet pria akan diarahkan masuk sebagai Tamtama, sedangkan untuk atlet wanita masuk sebagai Bintara. "Kemudian kami berikan pendidikan dasar seperti rekrutmen lainnya,” ujar Donald yang merupakan pimpinan sasana Dirgantara Boxing Camp.

“Setelah mendapatkan pendidikan, kemudian kami masukkan ke sini (program tinju)," ujar Donald. Bisa dikatakan ini jalan pintas bagi mereka yang ingin jadi prajurit TNI AU tapi syaratnya minimal juara tinju di level provinsi. Donald mengakui, program ini sudah diketahui oleh masyarakat.


Baca Juga :
- Trio Mane, Salah, dan Firmino Sudah Sempurna di Liverpool, Hanya Bisa Digantikan oleh Ronaldo, Messi, dan Mbappe
- Proyek Trio Belanda di Barca Dilanjutkan, Ronald Koeman Segera Datangkan Memphis Depay

Sehingga, sering sekali dia dihubungi oleh para orangtua yang ingin anaknya “dibawa” Donald karena dianggap layak dan memenuhi syarat. “Oh, kami terbuka kok. Jika memang berprestasi, pasti akan segera diproses,” tuturnya. Salah satu rekrutan TNI AU dari jalur ini adalah Ongen Saknosiwi.

Petinju asal Pulau Buru ini dibina langsung oleh TNI AU hingga jadi juara dunia kelas bulu IBA. Donald bahkan berharap sekali bisa mendapatkan Ongen-ongen lainnya untuk dibina oleh TNI AU.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA