#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kompetisi Liga 1 2020
HUT Arema Usung Falsafah Jawa “Sluman Slumun Slamet”
01 August 2020 15:31 WIB

MALANG –  Ada yang menarik dari moto yang diusung Arema FC memperingati HUT ke-33 tahun, Selasa (11/08/2020) mendatang, yakni “sluman, slumun, slamet” sebuah filosofi tata kehidupan dalam budaya Jawa.  Ini berbeda dengan beberapa edisi ulang tahun tim Singo Edan sebelumnya, yang cenderung lebih mengusung slogan bergaya dan berbahasa kebarat-baratan (Inggris,red). 

"Sluman Slumun Slamet dengan falsafah ini semoga Arema FC tetap terjaga, terlindungi, eksis kapanpun, berlimpah keberuntungan. Sluman Slumun Slamet juga bagian dari ikhtiar kebersamaan, kebersatuan semua pihak juga Aremania. Kami optimis momentum HUT ke-33 tahun ini Aremania kompak bersatu, kompak bersama lewati kesulitan, meski tanpa penonton, kami yakin mereka akan bergerak bersatu dengan cara mereka mencintai kebanggaannya," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji, kepada TopSkor.id, Sabtu (01/08/2020) siang. 

Dalam masyarakat Jawa, filosofi “sluman, slumun, slamet” atau lebih dikenal sebagai 3S atau Telu S, memiliki makna yang sangat dalam baik dari kacamata budaya ataupun religius. Mengarahkan seseorang harus bekerja keras, kreatif, dan inovatif, jika ingin mencapai kesuksesan. Namun, pada akhirnya kerja keras itu harus tetap diserahkan kepada Yang Maha Kuasa.

“Dalam situasi serba tak menentu dan sulit pada masa pandemi virus corona atau Covid-19, namun kami manajemen klub Arema FC  harus bekerja keras dan berimprovisasi agar bisa menghidupi klub, tetap eksis ditengah keterbatasan. Mengusung semangat falsafah Jawa itu pulalah, Arema mantap apa yang akan dijalani dan dirasakan dalam perjalanan ke depan selalu diberi perlindungan, keselamatan dan kelancaran oleh Sang Pencipta,” imbuh Sudarmaji. 

Rehat panjang lima bulan sejak 16 Maret, kini Arema kembali akan menjalani latihan bersama perdana dalam fase new normal Covid-19.  Sebelum ikuti lanjutan kompetisi Liga 2020 dalam keadaan luar biasa yang dicanangkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru. 


 

BERITA TERKAIT

news
__backpacker-nya Top Skor di Jawa Timur dan sekitarnya__(that's one thing you learn in sports, you don't give up and you fight to the finish)
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA