#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Jelang GP Inggris, Bagaimana Peluang Lewis Hamilton?
31 July 2020 03:44 WIB
SILVERSTONE - Formula 1 (F1) 2020 akan menggelar putaran keempatnya, Grand Prix (GP) Inggris, di Sirkuit Silverstone, akhir pekan ini. Tepatnya pada Minggu (2/8/2020).

Dan mungkin tak ada pembalap yang lebih antusias dibandingkan Lewis Hamilton. Pasalnya, driver tim Mercedes AMG-Petronas ini punya rekam jejak luar biasa di Silverstone.

Lewis Hamilton adalah pemegang rekor kemenangan terbanyak di sirkuit dengan panjang lintasan 5,891 kilometer (km) tersebut. Ia telah enam kali naik podium tertinggi di sana.


Baca Juga :
- Lewis Hamilton Tercepat, tapi Mercedes Masih Punya PR Jelang GP Spanyol
- Kendala Teknis Dua Musim Lalu Masih Hantui Mercedes

Sukses Hamilton di Sirkuit Silverstone pada 2019 membuatnya resmi melewati dua legenda F1, Jim Clark dan Alain Prost, yang sama-sama mencatatkan lima kemenangan.

Selain Jim Clark dan Alain Prost, ia juga mengungguli rapor empat pembalap legendaris lainnya; Nigel Mansell, Jack Brabham, Niki Lauda, dan Michael Schumacher.

Tiga nama yang disebutkan terakhir mengantongi tiga kemenangan di GP Inggris sementara Nigel Mansell membukukan empat kemenangan.

Dengan fakta tersebut, tak akan ada yang berani menampik bahwa Lewis Hamilton adalah "King of Silverstone". Ia layak menyandang gelar Penguasa Sirkuit Silverstone.  

Akhir pekan ini, Lewis Hamilton berpeluang "naik tahta" lagi dan mempertegas dominasinya di trek yang telah menjadi salah satu tuan rumah F1 sejak 1950 tersebut.

Tentu saja itu bakal menjadi motivasinya, selain fakta bahwa Hamilton adalah pembalap asal Inggris dan tengah mengincar hat-trick kemenangan pada Formula 1 musim ini.

Optimisme Lewis Hamilton juga bakal berlipat ganda mengingat dalam enam race terakhir di Silverstone, ia hanya gagal pada musim 2018. Kala itu Sebastian Vettel yang menang.

Namun di antara keenam kesuksesan Hamilton di sirkuit yang telah dianggapnya sebagai "rumah" tersebut, kemenangan pertama 12 tahun silam paling spesial.

Podium 1 di Silverstone pada 2008 turut membawa sang driver, yang ketika itu memperkuat McLaren, meraih gelar juara dunia F1 perdana. Ia unggul satu poin Felipe Massa (Ferrari).

Tetapi jelang penampilan ke-14 pada GP Inggris, ada satu hal yang tak biasa bakal dihadapi Lewis Hamilton. Ia tidak akan dapat dukungan langsung dari publik Britania Raya.

Masalahnya, balapan dipastikan berlangsung tanpa penonton. Ini membuat atmofer berbeda 180 derajat. Namun Hamilton ingin menjadikan itu pemicu untuk tampil lebih maksimal.

Ia bertekad memberikan kemenangan bagi pendukung setianya dan F1 yang terdampak pandemi Covid-19 sehingga tidak bisa menyaksikan race di Sirkuit Silverstone.


Baca Juga :
- Persaingan Lewis Hamilton dan Max Verstappen Diprediksi Bakal Berlanjut di Katalunya
- Ban Mercedes Melepuh, Verstappen Kejutkan Hamilton

"GP Inggris adalah balapan terbaik F1, terima kasih kepada seluruh fan untuk itu. Ribuan orang datang ke trek dan membuat suasana selalu menyenangkan," ujar Hamilton.

"Tanpa (kehadiran) mereka, pasti akan sangat aneh. Layaknya tes pramusim, kosong tanpa penonton. Namun saya harus terbiasa karena situasi memaksa seperti itu."

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA