#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Arena Akuatik PON Papua Jadi Investasi Besar Prestasi Olahraga Indonesia
29 July 2020 11:10 WIB
ARENA akuatik di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, arena kriket, dan lapangan hoki (indoor dan outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu untuk PON XX Papua 2021 selesai lebih cepat dari jadwal.

Bahkan, venue akuatik untuk PON Papua 2021 sudah mendapatkan sertifikasi dari Federasi Renang Dunia (FINA) pada Senin (27/7/2020).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, walau rampung lebih cepat, pembangunan venue PON Papua sesuai Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2).


Baca Juga :
- Ketika Anang Ma'ruf Dipanggil dengan Nama Mario oleh Roberto Mancini
- Selain Didiskualifikasi dan Patah Tulang Selangka, ''Tersangka" Kasus Finis Maut Ini Bakal Diganjar Hukuman Lebih Berat

Basuki Hadimuljono pun berharap venue yang telah rampung dan mendapatkan sertifikasi internasional bisa jadi ikon kebanggaan untuk Papua dan Indonesia.

"Diharapkan, terselesaikannya venue PON tak hanya jadi kebanggaan Papua, namun seluruh rakyat Indonesia," kata Basuki Hadimuljono dalam rilis Kementerian PUPR.

"Serta dapat mendorong para anak muda, khususnya atlet-atlet Papua, lebih semangat dan berprestasi menjadi juara, baik dikancah nasional maupun internasional."

Soal sertifikasi dari Federasi Renang Internasional (FINA) untuk venue akuatik, Ketua Bidang Sertifikasi PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) di bawah pengawasan FINA via video conference, menggunakan metode random sampling untuk mengukur arena kolam sesuai standar Olimpiade.

Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengaku lega setelah melihat hasil pengukuran dan pengecekan.

 “Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran, disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Venue Aquatic PON Papua, sesuai standar internasional FINA."


Baca Juga :
- Luka Parah di Wajah, Pembalap Sepeda Ini Akhirnya Sadar Setelah Koma Dua Hari
- Malaysia Jadikan Indonesia Rival Utama, tapi Tetap Tidak Meremehkan Tim Eropa

"Harapannya, investasi infrastruktur olahraga yang dibangun berstandar internasional ini di Papua, jadi investasi prestasi olahraga, khususnya renang," kata Iwan Suprijanto.

PON XX Papua awalnya dijadwalkan 20 Oktober-2 November 2020. Namun, pandemi Covid-19 membuat jadwal PON mundur setahun jadi 2-13 Oktober 2021.*ANY HIDAYATI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA