#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Bukan Hanya Dominan dalam Gol dan Assist, Messi pun Memimpin dalam Dribel
28 July 2020 08:29 WIB
BARCELONA – Walau Barcelona gagal meraih gelar La Liga, musim 2019/20 membuat Lionel Messi meraih serangkaian pencapaian individu.

Selain meraih Pichichi (pencetak gol terbanyak) untuk kali ketujuh dalam kariernya dan menorehkan 21 assist, Messi juga menegaskan keunggulannya yang sudah diketahui dunia: dribel atau menggiring bola.

Ya, setelah 38 pekan La Liga telah berlalu, statistik harian sepak biola terkenal Marca memperlihatkan bahwa Messi kembali memenangkan status sebagai pemain yang sukses dalam menggiring bola pada musim ini: 182 dribel.


Baca Juga :
- Awas Barcelona, di Muenchen Ada Thiago yang Punya DNA La Masia
- INFOGRAFIS: Preview Barcelona vs Bayern Muenchen

Jumlah tersebut, contohnya, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan salah satu bintang yang juga memiliki kemampuan dari aspek ini yaitu Nabil Fekir (Real Betis) yang membuat 98 dribel dan menempatkan Fekir di posisi kedua dalam daftar.

Di posisi ketiga ada Zambo Anguissa, bintang Villarreal yang mencapai 86 dribel, lalu Fabian Orellana dari klub Eibar dengan 69 menggiring bola di peringkat keempat dalam daftar pemain yang paling sukses menggiring bola musim ini.

Jumlah drible yang dilakukan Messi membuat pemain yang identik dengan nomor 10 ini sekaligus memperbaiki catatannya pada musim lalu di angka 134 saat dirinya di bawah Sofiane Boufal. Ketika itu, Boufal yang bermain untk Celta menciptakan 144 dribel.

Dribel merupakan aspek yang sangat penting dalam sepak bola. Sejumlah bintang memiliki predikat dengan level lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain. Dribel juga memiliki unsur entertaint dalam pertandingan yang membuat seorang pemain mendapatkan tempat terbaik bagi yang menyaksikannya.

Dan, Messi dalam 10 tahun terakhir, selalu mampu mempertahankan predikat ini yaitu the king of dribbling sebanyak enam kali.

Faktanya, jumlah yang ditorehkan Messi pada musim ini merupakan jumlah ketiga tertinggi sejak 2008/09. Pada 2010/11, di bawah asuhan Josep Guardiola, Messi tercatat menciptakan 186 dribel sukses, angka terbanyak dalam kariernya untuk aspek ini.

Dan, dalam 12 tahun terakhir, tidak ada pemain sepak bola di Eripa yang mampu mencapai akan dribel tersebut. Pencapaian terbaik keduanya terjadi pada 2017/18 yang mencapai 185 dribel.

Jika ada klub yang paling banyak menjadi korban dari pergerakan dribel Messi pada musim ini, klub itu adalah Atletico Madrid dan Mallorca.

Total,  masing-masing16 kali musim ini Messi melakukan dribel yang berhasil melewati sejumlah pemain Atletico dan Mallorca. Di bawahnya adalah klub Sevilla yang gagal menghentikan aksi solo run Messi sebanyak 15 kali.

Sedangkan dalam dua laga lawan Madrid, Messi total melakukan delapan dribel sukses. Lalu, untuk kategori sepanjang 2008/09, Atletico juga ada di posisi teratas sebagai korban Messi yang menciptakan 130 dribel dari 24 pertandingan.


Baca Juga :
- Lionel Messi Sangat Berbahaya dalam Laga-Laga Tunggal
- Lionel Messi vs Robert Lewandowski, Kapten Fantastis lawan Robocop

Sedangkan dalam ukuran di liga besar Eropa, pencapaian Messi dengan 182 dribel musim ini sama dengan yang ditorehkan pemain Wolverhampton (Liga Primer) yaitu Adama Traore.

Dalam kariernya di La Liga, Messi total telah melakukan 1.797 dribel, dengan persentase efektivitasnya mencapai 57 persen.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA