#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kesalahan Desain Kostum Baru yang Diproduksi Nike Membuat Barcelona Rugi Rp 407 Miliar
11 July 2020 17:38 WIB
BARCELONA – Hubungan antara Barcelona dan Nike sedang bermasalah. Perusahaan perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat telah menjadi pemasok kostum Los Azulgrana sejak 1998 dan telah memperpanjang kontrak tersebut hingga 2026.

Tapi, kostum baru yang dibuat untuk kompetisi musim 2020/21 mengalami sejumlah masalah sehingga harus ditarik kembali dari pasaran.

Ada dua jenis kostum Barcelona yang diproduksi Nike untuk musim depan yaitu Vapor Match yang biasa dipakai para pemain di lapangan dan Stadium yang khusus dijual untuk para suporter. 


Baca Juga :
- Sebagai Pendukung Barcelona, Pep Guardiola Mengaku Akan Sangat Puas Jika Bisa Menyingkirkan Madrid dari LIga Champions
- Angin Segar buat Barcelona, Napoli Terancam Tanpa Lorenzo Insigne saat Melawat ke Camp Nou

Kostum jenis Vapor Match yang harganya jauh lebih mahal, tidak bermasalah. Tapi, kostum jenis Stadium memiliki sejumlah kekurangan yang membuatnya tidak layak dipasarkan.

Menurut pihak Nike, kesalahan tersebut hanya berkaitan dengan faktor estetika dan bukan kualitas teknis. Akibatnya, kostum-kostum yang sudah terlanjur dikirimkan kepada distributor terpaksa ditarik kembali.

Kabarnya, proses perbaikan seluruh kostum tersebut membutuhkan waktu beberapa bulan dan diperkirakan baru akan bisa kembali dipasarkan September mendatang. Pihak Nike tidak mengkonfirmasi kabar tersebut, tapi mereka juga tidak membantahnya.

Tertundanya penjualan kostum baru tersebut dipastikan menimbulkan kerugian yang cukup signifikan buat Barcelona yang secara langsung mengendalikan enam toko merchandise resmi. Maklum, biasanya pada musim panas seperti sekarang tingkat penjualan kostum baru mencapai puncaknya.

Jika merujuk pada situasi yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, pada periode seperti sekarang Barcelona bisa mendapatkan pemasukan antara 15 dan 25 juta euro (Rp244 dan 407 miliar) dari penjualan kostum baru.

Wajar jika kemudian ada suara-suara dari internal klub yang mendesak agar Barcelona bersikap lebih tegas kepada Nike.


Baca Juga :
- Belum Laku Juga, Barcelona Banting Harga Transfer Ivan Rakitic
- Barcelona Krisis, Cuma Punya 14 Pemain Senior Hadapi Napoli, Bos Setien Panggil Pasukan Muda

Mereka ingin agar Los Azulgrana menuntut perusahaan raksasa itu untuk menanggung semua kerugian yang dialami lantaran tertundanya proses penjualan kostum baru. Apalagi, penundaan tersebut terjadi karena kesalahan yang dibuat oleh pihak Nike.

Pihak Barcelona dan Nike dikabarkan bakal menggelar pertemuan untuk membahas masalah tersebut dalam waktu dekat ini.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA