#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Skema Terbaik Persib Sepanjang Masa Versi Robby Darwis Tanpa Yusuf Bachtiar, Ini Alasannya
09 July 2020 20:49 WIB
BANDUNG – Selama 20 tahun Robby Darwis membela Persib Bandung sejak junior hingga senior. Pemain legendaris Maung Bandung ini pun turut menyumbangkan empat trofi juara ke lemari prestasi Persib.

Sebaran trofi juaranya adalah tiga juara kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1986, 1989-1990, dan 1993-1994. Plus satu trofi Liga Indonesia 1994-1995.

Wajar jika kemudian dia banyak memilih pemain yang sering bersamanya meraih trofi juara, ketika diminta menyebutkan tim impian Persib dengan formasi 3-5-2.


Baca Juga :
- PSKC Cimahi Batalkan Jadwal Latihan Bersama karena Belum Ada Surat Resmi PSSI terkait Liga 2
- Historia Boy Jati Asmara: Uang Kontrak di Persipura Jadi Tanah Luas di Bandung

Ada enam pemain pilihan Robby yang bersamanya melambungkan Persib dalam pentas sepak bola era 1990-an.

Sisanya satu dari generasi 1980-an yakni Adeng Hudaya. Tiga dari generasi 2000-an: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, dan Firman Utina.

Untuk penjaga gawang Robby memilih Made Wirawan. Alasannya Made punya teknik bagus, postur ideal, dan pengalaman panjang di kompetisi liga.

Trio pertahanan dihuni Yadi Mulyadi, Adeng Hudaya, Achmad Jufriyanto. Yadi dan Jufriyanto menurutnya kuat duel satu lawan satu.

"Adeng visinya luas. Mainnya ngotak. Tanpa harus bersentuhan dia bisa ambil bola dari penguasaan lawan," Robby menuturkan.

Pada posisi tengah, Robby memilih Nandang Kurnaedi, Firman Utina, Asep Kustiana, Yudi Guntara, dan Dede Iskandar.

Menariknya, tidak ada nama Yusuf Bachtiar, yang selama ini dikenal sebagai otak serangan Maung Bandung pada era 1980-an.

"Tipikal Yusuf mirip dengan Yudi Guntara. Yudi bisa membuka serangan karena ada Firman yang juga piawai mengatur ritme permainan," ucap bek sekaligus kapten Persib era 1990-an itu.

"Nandang dan Dede di sisi sayap bagus dalam menyerang dan bertahan. Crossing bola mereka juga bagus," Robby menambahkan.

Untuk tukang gedor alias penyerang tim, Robby tidak bisa berpaling dari duet Sutiono Lamso dan Kekey Zakaria. Keduanya, di mata Robby, sudah sangat sehati.

"Suti top untuk bola-bola cepat di kotak penalti lawan. Pintar tempatkan posisi. Kekey jago narik lawan. Bola-bola atasnya juga paten," ucap Robby.*05

Tim Cadangan Persib Pilihan Robby Darwis

Kiper: Awar Sanusi

Belakang: Supardi Nasir, Nova Arianto,  M Nasuha


Baca Juga :
- Boy Jati Asmara Tidak Takut Bermain di Luar Persib, Termasuk Persija
- Robby Darwis: Klub Wajib Bantu Timnas untuk Mainkan Pemain U20 di Lanjutan Kompetisi Liga 1

Tengah: Djadjang Nurdjaman, Asep Sumantri, Yusuf Bachtiar, Eka Ramdani, M Ridwan

Depan: Sergio van Dijk, Zainal Arif 

BERITA TERKAIT

news
tukang tulas tulis persib bandung
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA