#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Persiapan Piala Dunia U-20 Tahun Depan, Gelora Bung Tomo Ganti Rumput
29 June 2020 19:06 WIB
SURABAYA – Menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021, Kota Surabaya berbenah. Utamanya Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang akan menjadi salah satu venue atau tempat pertandingan.

Di stadion yang berkapasitas 50 ribu penonton tersebut saat ini sedang dibenahi dari sisi single seat pada tribune penonton.

Selain itu lapangan rumput juga bakal menggunakan jenis Zoycia Japonica. Berbeda dengan jenis rumput yang dipakai sebelumnya yakni Zoysia Matrella.


Baca Juga :
- Empat Destinasi Wisata di Palembang Dipercantik Jelang Piala Dunia U-20
- Suporter Sriwijaya FC Kecewa Palembang Mundur Jadi Tuan Rumah Liga 2 2020

Selain GBT, stadion lainnya yang legendaris yakni Gelora 10 Nopember juga sama menggunakan jenis rumput tersebut. Bahkan saat ini sudah mulai ditanam. Rumput Zoysia Japonica ini selain di Indonesia, juga tumbuh di Korea, Jepang, dan Cina.

Rumput Zoysia dinilai lebih mendukung permainan karena lebih tebal sehingga dapat melindungi pemain dari cedera. Rumput ini memiliki kerapatan tajuk yang lebih tinggi dan lebih tahan kering.

Sondang, selaku Business Department Officer MCW Sports rekanan yang mengerjakan perbaikan stadion menyampaikan rumput ini sama dengan yang digunakan di Stadion Gelora Bung Tomo dan Manahan Solo.

"Kami ngambilnya sama dari sana," kata Sondang kepada Topskor.id, Senin (29/6). Menurut dia yang dikerjakan terlebih dahulu saat ini Stadion Gelora 10 Nopember dan sudah separuh tergarap. Setelah ini kemudian menyusul Stadion Gelora Bung Tomo.

Sondang menjelaskan langkah selanjutnya yang dilakukan pihaknya adalah menyiapkan lahan berupa media tanam yang di dalamnya ada sistem drainase.

Pekerjaan penanaman rumput ini masing-masing dilakukan oleh delapan orang, ditambah satu orang sebagai petugas kontrol rumput dan satu lagi mengukur elevasi saat penanaman.


Baca Juga :
- GBK Arena Dipilih Jadi Kantor Sektretariat INAFOC
- Waketum PSSI Iwan Budianto Ditunjuk Jadi Wakil Ketua INAFOC

“Untuk GBT kami memiliki scope of work yang sama. Yakni pengerjaan rumputnya saja. Tidak termasuk media tanam dan sistem drainase serta irigasi. Jenis rumput untuk GBT yakni Zoysia Japonica," ucap Sondang.

Stadion Gelora 10 Nopember juga menjalani proses renovasi saat ini karena nantinya bakal menjadi stadion cadangan. Yaitu, sebagai tempat tim berlatih.*M Bahrul Marzuki/05

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA