#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ada 22 Pengprov Usung Letjen Tatang untuk Memimpin PB ISSI
28 June 2020 11:35 WIB
BANDUNG – Setelah mengakhiri masa purnabakti sebaga prajurit TNI AD, Tatang Sulaiman siap mengabdikan dirinya untuk kemajuan olahraga sepeda. Letnan Jenderal (Letjen) Tatang Sulaiman yang baru saja pensiun dari Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), ini memang penghobi berat olahraga sepeda.

Sejak bertugas di Korem, Kodam dan bertugas dimana  pun olahraga sepeda tidak pernah ia tinggalkan. Bahkan, selama itu pula beribu-ribu kilometer telah ditempuhnya dengan bersepeda.

Bahkan jika tidak terjadi pandemi Covid -19 Aprill lalu,  ia telah merencanakan menggelar tur masa pensiunnya dengan rute yang pernah dilalui Jenderal Besar Sudirman pada masa perang kemerdekaan dan berakhir di Akademi Militer Magelang (Akmil) sebagai almamater yang menjadikannya sebagai prajurit.


Baca Juga :
- Pengprov ISSI Desak Raja Sapta Oktohari Meletakkan Jabatan Ketua Umum PB ISSI
- Unik, ISSI Sumsel Gelar Lomba Bersepeda dari Rumah, Begini Cara dan Aturannya

Karenanya, dari mulai  Aceh hingga Papua, ia hafal jalur mana yang benar-benar menantang dan bagus untuk mengkolaborasikan antara olahraga dan pariwasata. Tatang pun  memiliki motto lebih dari itu untuk menduniakan olahraga sepeda Indonesia di mata internasional. Yaitu, Transformasi dari Hobi menjadi Prestasi.

Tidak main-main dengan mottonya itu. Sebab, beribu–ribu kilometer dan berpuluh daerah di Tanah Air yang telah dirambahnya melalui bersepeda, Tatang pun menjadi sangat tahu akan potensi olahraga ini.

“Makanya ketika saya diminta untuk hadir untuk memaparkan apa itu olahraga bersepeda dan bagaimana cara mengaturnya, saya sangat senang sekali. Karena, memang hobi saya selama ini bersepeda,” kata Tatang mengungkapkan di tengah –tengah komunitas balap sepeda, Forum Komunikasi Pengprov ISSI Indonesia di El Royal, Bandung, Sabtu malam (27/6).

Karena itu, pria berdarah Sunda ini pun siap menjadi komandan mereka jika didaulat oleh 22 Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk memimpin organisasi.

“Kedatangan saya pun ke Forum Komunikasi Pengprov ini karena atas undangan, saya hormati mereka yang sudah datang-datang jauh-jauh untuk bersilaturahmi, mereka mengundang saya untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman, ya kira-kira yang mereka apa yang bisa saya perbuat jika memimpin olahraga bersepeda,” katanya.

Tatang Sulaiman memang diusung oleh 22 Pengprov untuk mengisi jabatan Ketua Umum PB ISSI. Ini menyusul setelah ketua umum yang lama telah menjabat sebagai ketua KOI dan secara AD/ART sudah mengundurkan diri.

Secara suara, pengusungan Tatang sudah memenuhi syarat karena Pengprov ISSI yang ada di Indonesia berjumlah 30. Sementara, pengusung resmi sebanyak 22 Pengprov.

Tatang sendiri memiliki rencana besar untuk kemajuan olahraga sepeda di masa mendatang. Dalam sambutan di depan forum, Tatang memaparkan berbagai program yang begitu terencana.

“Sebagai prajurit harus selalu siap, sebagai prajurit juga harus memiliki empat karakter dalam pasukan, pertama bisa berlari, kedua menembak, ketiga berenang, dan keempat berkelahi, semua itu bekal prajurit. Untuk organisasi ini pun ada tahapan program agar lebih terprogram  yaitu jangka pendek, menengah dan panjang. Makanya, bagaimana dari awalnya hobi bisa menjadi prestasi, semua sudah diatur dalam program tersebut,” ujar Tatang memaparkan.


Baca Juga :
- 12 Pengab Desak Pengprov ISSI Jabar Gelar Musorprovlub
- Minus Peraih Emas Asian Games, ISSI Pede di SEA Games

Jika, Tatang naik ke pucuk pimpinan PB ISSI, maka untuk kali pertamanya, induk olahraga yang satu akan dipimpin seorang prajurit TNI yang juga penghobi berat sepeda. Maklum, selama ini pucuk pimpinan PB ISSI kerap dipegang sipil.

“Yang terpenting jika ingin maju kita perkuat dulu organisasinya, manajemen lalu jalankan program-programnya secara teratur, kedekatan dengan daerah sangat penting karena prestasi awalnya dari mereka,  karena itu jika dipercaya saya serahkan kesimpulannya kepada forum ini,“ ujarnya.*03

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA