#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Timnas U-16 Tanpa Pemain asal Klub Sumatra, Talent Scout PSSI Dinilai Kurang Blusukan ke Daerah-daerah
26 June 2020 21:29 WIB
PALEMBANG – Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16, sudah memanggil 26 pemain untuk pemusatan latihan atau training center (TC), 6-29 Juli 2020 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Namun dari 26 pemain tersebut tidak ada perwakilan dari klub Pulau Sumatra. Asosiasi Provinsi (Asprov) Sumatra Selatan (Sumsel) dan Riau membantah ada penurunan pembinaan pemain muda. 

Exco Bidang Kompetisi Asprov PSSI Sumsel, Andri Irani mengakui jika pada 2020 pemain asal klub di Sumsel belum ada perwakilan di timnas U-16.


Baca Juga :
- Yusuf Bachtiar Mengingatkan Kompetisi U-20 sangat Penting untuk Pemain Muda Persib
- Kiper Muda Madura United Termotivasi Bersaing dengan Barisan Kiper Timnas

Namun, bukan berarti pembinaan usia muda Sumsel stagnan, menurun atau tidak berjalan. Ia menyebut Sumsel berhasil meloloskan dua pemain  ke timnas pelajar U-15.

Masing-masing atas nama Fikri Firdaus asal SSB Persimuba, Musi Banyuasin dan M.A Jabbar Rivaldi asal SSB Jaltha Palembang.

Fikri dan Jabbar terpilih hasil talent scouting saat mengikuti kompetisi Piala Menpora tahun 2019, dan masuk seleksi timnas saat di Solo Maret 2020 lalu. 

Seharusnya  Fikri dan Jabbar akan mengikuti sebuah turnamen internasional di Sisilia, Italia, Agustus-September mendatang. Namun karena pandemi Covid-19 hingga saat ini belum ada panggilan untuk latihan.

Menurutnya, geliat pembinaan sepak bola di Sumsel sudah berjalan,  sudah banyak SSB  di Sumsel, dan  juga turnamen-turnamen lokal digelar.

Hanya saja talent scouting dari PSSI pusat yang belum banyak datang ke daerah-daerah di Sumsel, sehingga bakat-bakat Sumsel  tidak banyak terpublikasi atau tidak terpantau PSSI.

"Ini tugas kita bersama, karena banyak teman-teman SSB di Sumsel menanyakan di mana dan bagaimana agar ada acara PSSI di daerah,” kata Ketua BLiSPI Sumsel ini, Jumat (26/6/2020).

“Sebab saat ini pola talent scouting banyak terpusat di pulau Jawa saja. Padahal di bagian timur dan juga pulau Sumatra tidak sedikit pemain muda potensialnya," ia menambahkan.

Senada,  Exco Membidangi Komite Teknik, Komite Sepak Bola dan Komite Wasit Asprov PSSI Riau, H Nasril mengatakan, geliat sepak bola di Pulau Sumatra tidak kalah dengan Pulau Jawa.

Menurutnya di Riau juga banyak SSB dan akademi sepak bola. Hanya saja, pemain-pemain muda potensial asal Riau tidak terpantau maksimal PSSI.

"Gaung sepak bola Riau, kami juga coba buat seperti di pulau Jawa. Hanya saja saat pelaksanaannya tidak terekspos dengan baik. PSSI juga belum banyak mengirim atau memantau kegiatan atau menjangkau event di daerah," kata Nasril.

Ia menyarankan PSSI lebih memfungsikan pemandu bakat atau talent scouting ke daerah-daerah, untuk mencari bakat-bakat terpendam di 31 provinsi di Indonesia.

PSSI juga bisa menunjuk orang Asprov yang memang obyektif, benar-benar menguasai di bidang tersebut, tidak terpengaruh dengan hal-hal lain, agar kegiatan SSB di daerah lebih terpantau.

"Dulu saat saya masih di komite pembinaan usia muda PSSI Pusat, ada usulan Liga 1 dan Liga 2 ada pemain usia mudanya. Setiap kegiatan harus dilaporkan ke PSSI walau kegiatan iti bukan di bawah PSSI seperti Danone dan lainnya, dan cara-cara lainnya," ucap Nasril.

Menurutnya pada 2020 ini, untuk usia U-19 salah satu tim Liga 2 asal Riau Tiga Naga pemainnya mendapatkan kesempatan memperkuat timnas U-19 atas nama Andi Irfan. 


Baca Juga :
- Tekad Amankan Tempat di Skuad Timnas U-16, Pemain Persija U-16 Ini Siap Fisik dan Mental
- Lebih Realistis dari PSSI, Ini Harapan Presiden untuk Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2021

Lalu pada  2019  juga dari  klub Tiga Naga di Riau ada nama Alif Saviola memperkuat  timnas U-16  Kemenpora. 

Pemain asal Bengkalis Riau anak didik akademi Tiga Naga Riau lainnya yang memperkuat Borneo FC, Wahyu Pratama juga memperkuat timnas U-16  dipanggil PSSI di tahun 2019, namun tidak bisa melanjutkan karena cedera.*Agustian Pratama/05

BERITA TERKAIT

news
Social Media Twitter/Facebook/Instagram/Youtube just search = Agoes TopSkor
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA