#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Jika Liga 1 Mau Dilanjut, PSSI Diminta Mendorong Kemenpora Berkoordinasi dengan Kemenkeu terkait Kebijakan Relaksasi Pajak
03 June 2020 17:23 WIB
KEDIRI - PSSI diminta tidak hanya berkomunikasi dengan pihak internal di sepak bola terkait kelanjutan Liga 1, tapi juga jalin komunikasi ke pemerintah.

Permintaan tersebut disuarakan oleh Persik Kediri melalui Presiden Klub, Abdul Hakim Bafagih pada rapat visual PSSI dengan klub Liga 1, Selasa (2/6).

Hakim meminta PSSI mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).


Baca Juga :
- Cerita Persib Temukan Ardi Idrus dan Ghozali Siregar serta Memoles Skill Febri Hariyadi dan Ezechiel
- Persib Jadwalkan Konsolidasi setelah Manajemen Bertemu PSSI

Itu terkait dengan kebijakan relaksasi pajak bagi pelatih dan pemain, jika memang nantinya Liga 1 2020 kembali dilanjutkan di tengah pandemi virus corona.

"Pajaknya 20 persen dan bisa lebih. Ini akan menjadi beban besar bagi klub," kata lelaki yang juga menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai PAN itu.

Pada masa pandemi Covid-19, kata Hakim, pemerintah sudah memberikan relaksasi pajak kepada seluruh industri. Tapi, khusus industri sepak bola, relaksasi belum diberikan.

"Sementara, Presiden Jokowi memberikan atensi besar ke sepak bola Indonesia. Di saat kondisi seperti ini (pandemi), akan sangat repot bila relaksasi tidak diberikan," ia menambahkan.

Adapun Abdul Hakim juga memberikan usulan ke PSSI yakni terkait renegosiasi kontrak pemain dan pelatih saat kompetisi dilanjutkan nanti.

Menurutnya, nominal kontrak yang sudah diterima pemain sebesar 40 persen. Sisanya yang sebesar 60 persen, perlu negosiasi kembali.

"Itu wajar dilakukan. Seluruh sektor industri juga melakukan hal yang sama," lelaki kelahiran Jember, Jawa Timur, 23 September 1992 itu menambahkan.


Baca Juga :
- Persiraja Banda Aceh dan Borneo FC Pilih Stadion Maguwoharjo untuk Lanjutan Liga 1, PSS Sleman?
- Eksklusif! Program Calon Wakil Bupati Lampung Tengah dalam Pikiran Rahmad Darmawan

Jika renegosiasi tidak dilakukan, Abdul Hakim khawatir klub-klub Liga 1 termasuk Persik mengalami kesulitan finansial pada musim-musim mendatang.

Dan jika urgensinya melanjutkan Liga 1 2020 adalah kepentingan timnas Indonesia, Kemenpora bisa ikut andil dalam penyelenggaraan kompetisi.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA