#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kilas Balik Piala AFF 2012: Kabar Terkini Para Pemain Timnas Indonesia (Bagian 1)
02 June 2020 15:27 WIB
KUALA LUMPUR -- Timnas Indonesia tidak mencatat hasil yang baik pada Piala AFF 2012 karena hanya sebatas di fase grup.

Timnas Indonesia untuk kedua kalinya harus merasakan kegagalan ke semifinal sebab hanya berada di posisi tiga klasemen grup.

Pada Piala AFF 2012, skuat Garuda memang tidak tampil dengan komposisi pemain terbaik lantaran ada masalah dualisme kompetisi.


Baca Juga :
- Piala Dunia U-20 Harus Menjadi Stimulus Pengembangan Sepak Bola Usia Muda
- Persela Lamongan Bersiap untuk Kembali Merumput

Tim yang dipimpin pelatih Nilmaizar mayoritas diisi pemain dari Indonesia Premier League (IPL) garapan PSSI, yang dinilai sebagai kompetisi yang sah.

Padahal, pemain-pemain ternama atau berlabel timnas sebelumnya kebanyakan bermain di Indonesia Super League (ISL).

Pemain yang ada di kompetisi garapan Komite Penyelamat Sepak bola Indonesia (KPSI) itu juga tidak diperbolehkan membela timnas.

Ada pula klub bagian dari ISL yang melarang atau tidak mengizinkan pemainnya membela timnas dengan disertai ancaman sanksi.

Seperti apa nasib dari 22 pemain timnas Indonesia di Piala AFF pada 2020 ini? Berikut Topskor.id coba memberikan uraiannya:

Handi Ramdhan

Pada Piala AFF 2012, Handi Ramdan mengalami cedera paha saat melawan Laos, namun dinyatakan pulih jelang laga pamungkas Grup B melawan Malaysia.

Bek Persija Jakarta (IPL) ini mengakhiri karier di Semen Pada pada 2018 lalu dan setelah itu namanya tak banyak terdengar. Hanya ikut beberapa event olahraga.

Raphael Maitimo

Ia bisa dibilang menjadi pemain naturalisasi di skuat timnas Indonesia pada Piala AFF 2012 yang paling memuaskan.

Hingga kini Raphael Maitimo masih aktif bermain di level tertinggi sepak bola Indonesia yakni tergabung dalam tim promosi, Persita Tangerang.

Novan Setyo Sasongko

Saat itu ia menjadi bek muda yang tangguh milik Semen Padang, sebab merupakan salah satu pemain muda di skuat dengan usia masih 22 tahun.

Sampai sekarang Novan Setya Sasongko masih aktif bermain di kasta teratas yakni bersama Persela Lamongan.

Nopendi

Sejak pensiun pada 2015 lalu, Nopendi tak bisa jauh-jauh dari dunia sepak bola. Beberapa tahun terakhir, eks bek sayap Persiba Bantul itu menukangi beberapa tim di level junior.

Nopendi yang jadi salah satu karyawan kontrak di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) Kabupaten Bantul melatih SSB dan PS Guntur.

Fachruddin Aryanto

Kala itu ia menjadi bagian timnas sebagai pemain PSS Sleman. Dan setelah Piala AFF 2012 telah membela berbagai klub seperti Sriwijaya FC dan kini Madura United.

Fachruddin Aryanto juga terus menjadi bek yang langganan di panggil timnas. Sementara selama libur Liga 1 2020 kini, tinggal di Ponorogo, Jawa Timur.

Muhammad Taufiq

Ia salah satu bintang Persebaya 1927 yang menjadi bagian dari pasukan Merah Putih di Piala AFF 2012.

Gelandang berpostur tubuh kecil ini sempat hengkang ke Persib Bandung sebelum akhirnya terdaftar sebagai pemain Bali United hingga musim ini.

Elie Aiboy

Pemain sayap yang dulu tercatat sebagai punggawa Semen Padang ini adalah kapten timnas Indonesia pada Piala AFF 2012.

Ia memutuskan pensiun pada 2015 setelah banyak klub dibela, termasuk Selangor FA di Malaysia. Hingga kini Elie Aiboy terus mendalami kemampuan melatihnya.

Samsul Arif

Pemain yang besar namanya bersama Persela Lamongan ini masih aktif bermain di level tertinggi sepak bola Indonesia pada usianya yang kini sudah 36 tahun.

Samsul Arif menjadi bagian dari Persita dan terbukti masih bisa jadi andalan utama sebab selalu tampil pada tiga pertandingan Liga 1 2020.

Irfan Bachdim

Ia dipanggil timnas Indonesia untuk Piala AFF 2012 sebagai pemain Chonburi, Thailand. Kariernya di luar Indonesia juga terus berlanjut kala itu dengan bermain di Jepang.

Sejak 2017, Irfan Bachdim akhirnya memutuskan berkarier di Indonesia dengan membela Bali United. Sejak musim ini ia menjadi bagian dari PSS Sleman.

Wahyu Tri Nugroho

Pada Piala AFF 2012 ia tercatat sebagai pemain dari Persiba Bantul dan hingga kini kiper berusia 33 tahun ini masih bermain serta berkompetisi di kasta tertinggi.

Wahyu Tri Nugroho menjadi bagian dari Bhayangkara FC sejak 2016, tim yang juara pada 2017, tapi kini mulai kalah saing dari kiper muda.

Wahyu Wijiastato


Baca Juga :
- Lanjutan Kompetisi 2020 Bakal Bersinggungan dengan Agenda Timnas
- Indonesia Masuk Grup Neraka, Bagas Kaffa: Di Usia Muda, Saya Kira Semua Bisa

Bek bertubuh gempal ini memutuskan untuk gantung sepatu saat sepak bola Indonesia sedang bermasalah hingga dibekukan oleh FIFA.

Usai pensiun, kabar Wahyu Wijiastanto tidak banyak terdengar. Terakhir, pada 2019 lalu, ia diketahui menggeluti dunia bisnis ternak ikan.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA