#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Robert Rene Alberts: Pemain dan Sponsor Senang Jika Kompetisi Dilanjutkan
01 June 2020 11:35 WIB
BANDUNG - Sampai saat ini nasib kompetisi Liga 1 belum jelas. Apakah harus berhenti atau diganti turnamen, belum ada keputusan resmi.

Tapi, Persib Bandung tetap ngotot ingin kompetisi kasta tertinggi di Indonesia yang baru seumur jagung tetap berlanjut.

Karena di banyak negara, kompetisi liganya sudah mulai berputar. Meski persoalan pandemi covid-19 belum tuntas.


Baca Juga :
- Robby Darwis: Persib Punya Semua Syarat Jadi Juara Liga 1 Musim Ini
- Format untuk Kompetisi Liga 3 2020 Zona Jawa Tengah Sudah Disiapkan

"Liga Jerman bisa berjalan. Pemain dan sponsor senang dengan kebijakan itu. Bisa dilihat tidak ada masalah sampai saat ini," Robert menuturkan.

Dari berbagai penelitian, Robert melanjutkan, kegiatan outdoor tidak menyebarkan virus ketimbang kegiatan lain seperti diskusi di dalam ruangan. Yang bisa menyebarkan virus begitu cepat. 

"Jadi jika klub ingin menghentikan liga, mereka harus punya alasan jelas, apakah misalnya karena kesehatan?" ucap Robert. 

"Tapi silakan lihat di beberapa negara kompetisi tetap bisa dilanjutkan, jadi itu bukan satu-satunya asalan," Robert menambahkan.

Sedikitnya ada sebelas klub dalam rapat virtual dengan PSSI memilih kompetisi Liga Indonesia dihentikan. Banyak alasan yang dikemukakan mengapa mayoritas klub memilih tidak melanjutkan kompetisi kasta tertinggi di Indonesia musim ini. Namun, jika kompetisi dilanjutkan mereka memintas sejumlah syarat. Salah satunya nilai subsidi harus dinaikkan demi membantu finansial klub yang krisis karena corona.

"Saya tidak tahu pasti alasan mereka ingin menghentikan liga. Tapi saya pikir banyak klub melihat dari lingkungannya," kata Robert Alberts.

Maksud pelatih Persib Bandung itu, banyak klub yang tidak melakukan persiapan dengan bagus di musim ini.

Selain mereka sudah banyak mengajukan gaji luar biasa kepada pemainnya atau uang muka untuk pemainnya. 

"Jadi menurut saya itu jadi salah satu alasan banyak klub yang ingin liga berhenti," ungkap pelatih berpaspor Belanda pada wartawan, Senin (1/6).

Padalah untuk meminimalisir pendanaan, kata Robert, bisa dibuat pembagian wilayah. Bisa Barat dan Timur atau Utara dan Selatan.

"Soal berapa lama liga akan berjalan bisa disikusikan. Jika Agustus dimulai, bisa berakhir April atau Mei tahun depan," jelas Robert.


Baca Juga :
- Cukup Pinjam Seragam, Dian Agus Prasetyo Mengobati Keinginannya menjadi Polisi
- Pasrah! Geoffrey Castillion Tak Ingin Mundur dari Persib Bandung

"Rentang waktu itu memberi kesempatan pemain untuk lebih bersiap sebelum bermain bersama timnas," kata Robert.

"Nilai positif lainnya, tim terbantu persiapannya untuk tampil di kompetisi Asia," pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 14 November 1954 menambahkan.*04

BERITA TERKAIT

news
tukang tulas tulis persib bandung
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA