#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kiper Muda Persib Bandung Ini Kaget Saat Namanya Masuk dalam Grup WA Timnas U-19
31 May 2020 13:17 WIB
BANDUNG - Dipanggil seleksi tim nasional (timnas) U-19 oleh pelatih kepala Shin TaeYong adalah anugerah tiada tara buat perjalan karier kiper muda Erlangga Setyo di pentas sepak bola nasional.

Erlangga yang belum berkontribusi positif di Garuda Select, karena cedera mata yang memaksanya rehat lima bulan, tiba-tiba masuk radar pelatih nasional asal Korea Selatan.

"Sungguh saya enggak percaya dapat panggilan seleksi. Di Garuda Select saja saya belum pernah main buat tim," kata Erlangga pada TopSkor.id, Minggu (31/5/2020).


Baca Juga :
- Robby Darwis: Persib Punya Semua Syarat Jadi Juara Liga 1 Musim Ini
- Pasrah! Geoffrey Castillion Tak Ingin Mundur dari Persib Bandung

"Apalagi, awalnya, no HP saya tiba-tiba ada di grup WA timnas U-19. Saya kira hanya keisengan beberapa teman yang saya kenal di sana," Erlangga menambahkan.

Adalah Riski Sudirman dan Fajar Faturachman yang memasukkan namanya ke grup WA timnas U-19. Yang akhirnya membuka jalan Erlangga di timnas U-19.

"Mereka cengengesan saja waktu saya tanya kenapa masukkan saya ke grup WA timnas U-19. Tapi enggak lama ada panggilan dari timnas," ucap pemain Persib U-18 itu.

Haru gembira meronai kiper bertinggi 192 sentimeter itu. Dia tidak menyangka perjalanan prestasinya di sepak bola nasional cukup mulus. 

"Kini semuanya tergantung saya. Benar keputusan akhir ada di coach Shin Taeyong, tapi saya harus menunjukkan antusiasme dan kerja keras selama seleksi berlangsung," pria kelahiran Jember, 16 April 2003 itu.

Tidak seperti di awal kariernya ketika Diklat Persib menjaringnya dan menawarinya bergabung untuk Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Dia sempat gamang untuk terus bergabung dengan Persib.

"Soalnya dari empat pemain yang dipantau Persib dari Ricky Nelson Akademi, hanya saya yang terpilih. Tiga lainnya dikembalikan," Erlangga menceritakan.

"Tiga teman saya akhirnya bergabung dengan Barito. Kita sempat ketemu dan kangen-kangenan pas di Filanesia (Liga 1 U-16)," kata Erlangga yang sebelumnya diminati juga oleh PS TIRA.

Di usia 16 saat itu dan baru pertama merantau, tentu Erlangga belum nyaman dengan status barunya. Apalagi harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang berbeda.


Baca Juga :
- Peraturan PSSI Terkait Gaji Pemain Liga 1 dan Liga 2 Berpotensi Memicu Masalah
- PT PBB Belum Jadwalkan Pertemuan Susulan dengan Jajaran Tim Persib

Ada rasa home sick. Ada kebiasaan yang hilang. Dan tidak mungkin diputar ulang ketika sudah berderagam Maung Ngora di filanesia U16.

"Tapi saya coba bertahan hidup di mes Persib. Membaur dengan pemain lainnya. Hingga akhirnya bisa seperti sekarang," ucap pemain jebolan SSB Anak Manja, Jember itu.*04

BERITA TERKAIT

news
tukang tulas tulis persib bandung
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA