#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kisah Tragis Sragen United di Liga 2, Hanya Sempat Main Satu Laga di Markas Sendiri hingga Akhirnya Lenyap
22 May 2020 09:07 WIB
KEMPETISI Liga 2 2017 silam, menghadirkan satu tim “pendatang” baru dari Jawa Tengah. Tim ini bernama Sragen United. Bukan tim asli Kabupaten Sragen, tim dengan julukan Laskar Gajah Purba ini adalah jelmaan dari Laga FC yang lisensinya dibeli oleh seorang pengusahan lokal asal Sragen yang nilainya konon Rp 5 miliar.

Dicita-citakan bakal menjadi tim besar dan berusia layaknya gajah purba di jaman purba, nyatanya usianya begitu singkat. Nama Sragen United dengan warna kebesaran oranye ini hanya satu musim saja berkompetisi di kasta kedua sebelum akhirnya terdegradasi dan menghilang dari peredaran.

Muncul menjelang kompetisi Liga 2 2017 bergulir, Sragen United sempat menggebrak dalam hal pemberitaan. Bisa dibilang, pemberitaan ini cukup wow dan digadang-gadang bakal menjadi pesaing tim-tim Jawa Tengah lainnya mulai dari Persis Solo, PSIS Semarang, atau Persijap Jepara.


Baca Juga :
- Madura United Konsisten, Setop Liga 1 2020!
- Misteri Logo Shopee Menghilang di Akun Medsos Resmi Liga 1 2020

Bagaimana tidak, manajemen Sragen United kala itu sempat menyebut bakal menghadirkan pemain-pemain papan atas Indonesia di skuatnya. Mulai dari nama Greg Nwokolo hingga Diego Michiels.

Kehadiran sosok pelatih kenamaan Jaya Hartono sebagai nahkoda sempat memberikan harapan semua impian itu terwujud. Namun hingga kompetisi Liga 2 2017 bergulir, ternyata tak ada satupun pemain berlevel bintang yang akhirnya merapat.

Ekspektasi tinggi dari masyarakat Sragen dan sekitarnya ternyata tak dapat diwujudkan manajemen tim kala itu. Yang unik, Sragen United hanya tercatat sekali saja berkesempatan menggelar laga home di kandang sendiri di Stadion Taruna, Sragen.

Siapa sangka laga lawan Persis Solo pada 30 April 2017 itu menjadi laga perdana sekaligus terakhir bagi Sragen United di kandang sendiri. Rusuh di laga lawan Persis Solo menjadi catatan buruk yang menjadi kenangan bahkan sejarah.


Baca Juga :
- Kapten Persela Lamongan Buka-bukaan Tentang Godaan dari Tim Lain Tiap Musim Baru
- PSSI Punya Protokol Kesehatan Ketat Jika Kompetisi Dilanjutkan

Untuk laga-laga home berikutnya, setelah sempat meminjam Stadion Ketonggo, Ngawi, akhirnya Sragen United sempat dikabarkan bakal pindah ke Pacitan namun kemudian diprotes pemilik Laga FC sebelumnya, Haruna Soemitro.

Kondisi manajemen yang karut marut membuat Sragen United akhirnya dipasrahkan kepada Asprov PSSI Jateng dan berpindah kandang ke Stadion Citarum, Semarang. Di pengujung kompetisi Liga 2 2017,  Sragen United yang sebelumnya sempat diharapkan bakal menjadi The Next Bali United akhirnya kandas dan terdegradasi ke Liga 3.*03

BERITA TERKAIT

news
Penulis adalah penggila sepak bola nasional dan seorang Milanisti. Fotografi dan dunia olahraga menjadi teman keseharian. Penulis juga pecinta kucing dan ikan koi.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA