#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia


Keren! LaLiga Terapkan 10 Protokol Kesehatan Ini Demi Bisa Melanjutkan Kompetisi
20 May 2020 21:26 WIB
MADRID - Pekan ini, pemain di 42 klub LaLiga Santander dan LaLiga SmartBank telah kembali melakukan latihan dengan mengikuti protokol khusus yang dibuat oleh LaLiga bersama dengan staf medis dari beberapa klub serta berkoordinasi dengan pemerintah Spanyol dan otoritas kesehatan.

Kembali melakukan latihan dengan aman merupakan kunci dari kembalinya sepak bola profesional yang aman dan terarah, di mana sekaligus akan melindungi kesehatan ekonomi sepak bola Spanyol dan memungkinkan bergulirnya 11 pertandingan terakhir dari LaLiga musim 2019/20.

Protokol ini menetapkan pedoman untuk meminimalisir kemungkinan penularan dan infeksi di antara semua pihak yang terlibat selama mereka kembali ke pelatihan.


Baca Juga :
- Jornada 11 LaLiga: Madrid Menjamu Alaves, Camp Nou Sambut Osasuna
- Simak! Ini Aktivitas Terbaik dari Para Pemain dan Klub LaLiga di Media Sosial

Protokol tersebut termasuk empat tahapan untuk memastikan bahwa para pemain berada dalam kondisi terbaiknya sebelum kembali bermain di saat kondisi sudah aman. Semua aturan yang diperlukan perlu akan dilakukan, dan LaLiga menjelaskan bila mereka terlebih memfokuskan dahulu pada dua tahap pertama, yaitu: persiapan untuk kembali melakukan latihan dan sesi latihan individu.

Berikut ada sepuluh protokol khusus yang dikeluarkan LaLiga demi bisa melanjutkan kompetisi:

1. Perilaku Pribadi
Para pemain diharapkan untuk mengikuti peraturan kebersihan dan pembatasan sosial yang telah tersedia. Mencuci tangan menjadi vital, serta selalu menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Meminimalisir sentuhan ke mata, hidung, dan mulut. Menjaga jarak setidaknya dua meter dari rekan setim dan staf klub.

2. Pengujian
Sebelum kembali melakukan latihan, para pemain, pelatih, dan staf lainnya yang berada di fasilitas klub akan melalui berbagai tes COVID-19, termasuk tes PCR dan antibodi. Tes berkala akan dilakukan sebelum latihan dimulai.

3. Disinfeksi fasilitas latihan
Setiap tempat latihnan klub dan seluruh fasilitas akan di disinfeksi sebelum para pemain atau staf kembali beraktivitas, dengan mengikuti instruksi otoritas kesehatan. Pembersihan akan dilanjutkan secara berkala setelah latihan telah dimulai.

4. Komunikasi
Pada malam sebelum datang ke tempat latihan, para pemadain mendapatkan tugas serta jadwal untuk hari esok di komputer, telepon genggam atau tablet mereka. Hal tersebut mencakup instruksi mendetil tentang kapan dan bagaimana mengakses fasilitas latihan.

5. Transportasi
Seluruh pemain dan staf klub yang memasuki tempat latihan akan menggunakan mobil pribadi, yang secara berkala dibersinkan serta di disinfeksi, dan perlu dipastikan untuk menggunakan kendaraan yang sama setiap harinya. Mereka diharapkan untuk datang pada waktu yang telah ditentukan dan meninggalkan fasilitas dengan mobil yang mereka gunakan setelah selesai latihan.

6. Masker dan sarung tangan
Pemain dan staf harus mengenakan masker dan sarung tangan ketika tiba di fasilitas, dan saat mereka beraktivitas di sekitar tempat latihan.

7. Kelompok kecil
Pada saat protokol sesi latihan individual, maksimal enam pemain yang diizinkan untuk berlatih di setap lapangan, selalu menjaga jarak aman antara para pemain. Maksimal dua pemain diizinkan Kapan saja untuk berada di pusat kKebugaran, dan selalu menjaga jarak aman setiap saat.

8. Seragam
Para pemain dan staf harus mengenakan seragam serta sepatu latihan saat tiba di fasilitas latihan. Setelah berlatin mereka mendapatkan kantong yang bisa didaur ulang berisi seragam latihan untuk hari berikutnya. Saat di rumah, seragam yang telah digunakan dikembalikan ke tempat asalnya, dan pada hari berikutnya harus ditempatkan di kontainer Khusus pada pusat latihan yang nantinya akan diambil dan dicuci oleh staf klub.

9. Kontak dengan orang lain
Demi keselamatan para pemain, staf, dan orang-orang yang mereka cintai serta rekan setimnya, disarankan agar tidak ada yang memasuki rumah mereka selama semua fase protokol.


Baca Juga :
- Mantap! LaLiga Jalin Kerja Sama dengan China, Apa Saja yang Difokuskan?
- Andy Murray Minta Semua Petenis Lakukan Vaksinasi Covid-19

10. Fisioterapis
Pemain disarankan untuk menghindari penggunaan fisioterapi. Jika perlu, mereka harus selalu ditangani oleh orang yang sama.

 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA