#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Bola Didisinfektan Saat Jeda Pertandingan Bundesliga dan Sound Effect Stadion yang Berubah
19 May 2020 13:38 WIB
TIDAK ada suporter. Tidak ada suara di stadion. Tidak ada jabatan tangan sebelum dan setelah pertandingan. Perayaan gol pun harus berjarak.

Sabtu (16/5) lalu, Bundesliga Jerman telah memulai kembali setelah dua bulan kompetisi ditangguhkan karena pandemi virus corona.

Tetapi pertandingan akhir pekan ini sangat berbeda dengan yang sebelumnya, karena tim diwajibkan untuk mematuhi serangkaian protokol ketat yang akan segera menjadi biasa di lapangan olahraga di seluruh Eropa.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Bali United Memegang Rekor Paling Banyak Duduk di Puncak Klasemen Liga 1
- Robert Rene Alberts: Pemain dan Sponsor Senang Jika Kompetisi Dilanjutkan

Batas-batas pada pertemuan publik di Jerman telah memberi para penggemar sebuah head-up bahwa para pendukung tidak akan diizinkan memasuki stadion jauh sebelumnya, jadi perubahan ini setidaknya telah disiapkan secara mental sebagian - tetapi bagi beberapa pendukung, itu adalah banyak sekali perubahan kecil lainnya. Yang juga menjadi sorotan adalah seperti apa olahraga profesional ini berjalan di tengah pandemi global virus corona.

Dan itu semua dimulai sebelum bola ditendang. Menampilkan dirinya di televisi untuk wawancara pra-pertandingan, bos RB Leipzig Julian Nagelsmann muncul di depan kamera mengenakan alat pelindung wajah.

Mikrofon untuk wawancara dilapisi dengan bungkus plastik.

Sepak bola juga memiliki soundtrack yang sangat berbeda. Dengung yang konstan dari kerumunan suporter hilang, ketidakhadirannya malah memperkuat setiap geraman dan teriakan pemain di lapangan. 'Pukulan telak' dari bola yang mengenai sepatu begitu terdengar dan suara memuaskan dari bola yang beriak ke bagian belakang jaring sangat terasa bergetar.

Suara pelatih pun begitu nyaring terdengar, benturan sepatu pemain, dan tendangan semua terdengar mendengung.

Tidak berhenti sampai di situ. Meludah, yang sebelumnya merupakan bagian yang agak aneh tetapi diterima dalam permainan, memiliki konotasi baru pada masa Covid-19. Jabat tangan adalah hal yang tidak boleh. Memeluk teman saat perayaan gol? Lupakan saja. Bola juga didesinfeksi pada paruh permainan.


Baca Juga :
- Bukan Tim Halu, RB Depok Ternyata Didirikan Para Kepala Sekolah
- Sancho Hattrick, Dortmund Pesta Gol Gilas Padeborn!

Saat pemain Dortmund Haaland mencetak gol pertama musim ini dia juga melakukan selebrasi unik, menari sendiri demi menjaga jarak.

Tapi, sepak bola telah kembali dan itu adalah sesuatu yang harus disyukuri oleh penggemar. Tetapi Anda dapat membayangkan bahwa ini hanyalah fase pertama dari sebelum kita dapat menyatakan bahwa olahraga benar- benar kembali.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA