#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Cristian “El Loco” Gonzales, Ketajamannya Tak Lekang di Makan Usia
09 April 2020 19:41 WIB
CRISTIAN Gonzales dianugerahi stamina yang prima hingga usianya yang ke-44. Hingga kini penyerang berjulukan “El Loco” alias “si Gila” itu belum juga memutuskan pensiun.

Dan yang mengesankan, gol demi gol terus dicetaknya dari kaki dan kepalanya setiap musim, seakan tidak mengenal penambahan usia.

Bahkan, hampir setiap musim torehan golnya selalu “dua digit” alias di atas 10. Melihat perjalanan kariernya, Gonzales juga layak disebut calon legenda.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Bijak, Yanto Basna Ungkap Resep Menjadi Pemain Bertahan yang Baik
- Penyerang Persita Merasa Semakin Dekat Untuk Masuk Timnas Indonesia

Pada masa keemasannya, Gonzales merupakan penyerang yang ditakuti lawan. Empat kali ia menyabet gelar top scorer kompetisi.

Masing-masing pada Liga Indonesia 2005, Liga Indonesia 2006, Liga Indonesia 2007/08, dan terakhir Indonesia Super League 2008/09 bersama penyerang Persipura, Boaz Solossa, dengan 28 gol.

Kemudian Gonzales yang semula berpaspor Uruguay, resmi menjadi WNI setelah menjalani proses naturalisasi pada 3 November 2010.  Alhasil, ia berhak memperkuat timnas Indonesia.

Gonzales pun menjalani debut mengesankan sebagai pemain timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu dengan menorehkan tiga gol. Hingga kini Gonzales menorehkan total 12 gol dalam 28 laga bersama Tim Merah Putih.

Gonzales sendiri mengawali karier di Indonesia bersama PSM Makassar pada Liga Indonesia 2003/04.Dia langsung mencetak gol perdananya saat membungkam tuan rumah Persipura Jayapura 1-0 menit ke-56, di Stadion Mandala, Jayapura, 12 Januari 2003.


Baca Juga :
- Menuju Kehidupan ‘New Normal’, Menpora Minta Timnas Senior, U-16, dan U-19 Siap-siap
- Latihan Virtual Timnas Dipimpin Shin Taeyong dan Diikuti 44 Pemain

Sedangkan penampilan terakhirnya di kompetisi Indonesia adalah saat bersama PSIM Yogyakarta, 21 Oktober 2019, pada Liga 2 2019 Wilayah Timur. Meski performanya sudah menurun, ketajamannya belum hilang.

Bermain di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Gonzales mencetak dua gol menit ke-37 dan 62, meski timmya takluk 2-3 di tangan Persis Solo.*05

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA