#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Klub Liga 1 Harus Merogoh Kocek Dalam-dalam untuk Merekrut Empat Pemain Asing Ini
09 April 2020 13:11 WIB
PEMAIN asing menjadi salah satu daya tarik bagi penonton Liga 1. Apalagi kalau mereka sebelumnya punya reputasi bagus.

Penonton bakal lebih banyak datang ke stadion setiap klub berlaga, karena ingin melihat para ekspatriat andalan itu unjuk kebolehan.

Wajar bila klub-klub rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merekrut para pemain asing itu. Termasuk musim ini.


Baca Juga :
- Begini Suasana Lebaran Evan Dimas Setelah Menyandang Status Baru sebagai Suami
- Cerita Ismed Sofyan Berlebaran di Tanah Kelahirannya, Aceh

Pada kompetisi Liga 1 2020, dilihat dari data Transfermarkt, terdapat empat pemain asing yang punya market value atau nilai pasar tertinggi.

Menariknya, posisi teratas bukan ditempati striker terkenal. Melainkan gelandang Brwa Nouri dari Bali United, yang berkarakter bertahan. Market value-nya 600 ribu euro atau sekitar Rp 10,6 miliar.

Pemain asal Irak ini turun dalam tiga laga timnya dan ikut membawa Bali United ke posisi kedua klasemen sementara dengan rekor tanpa terkalahkan.

Berikutnya, posisi kedua adalah penyerang Persija Jakarta, Marko Simic dengan market value 550 ribu euro. Kapasitas pemain asal Kroasia ini tidak diragukan lagi.

Simic tercatat sebagai top scorer Liga 1 2019 dengan 28 gol dan ikut membawa Persija juara Liga 1 2018. Musim 2020 ini Simic melesakkan satu gol dalam dua penampilan.

Posisi ketiga diduduki bek Arema FC Matias Malvino dengan market value 500 ribu euro. Sayangnya pemain asal Uruguay ini belum bisa menyesuaikan diri dengan atmosfer sepak bola Indonesia.

Lini pertahanan Singo Edan masih rapuh dengan empat kali kebobolan dalam tiga pertandingan atau lebih dari satu kebobolan per laga. Arema juga masih terpuruk pada posisi ke-12 klasemen sementara.

Keempat, pemain kawakan yang sudah lama berkarier di Indonesia, Makan Konate asal Mali. Meski berstatus pemain asing, namanya sudah tidak asing di telinga pencinta sepak bola Tanah Air.


Baca Juga :
- Terpaksa Berlebaran di Surabaya, Makan Konate Ceritakan Perbedaannya dengan di Negaranya, Mali
- I Made Kaicen, Kiper Pendiam yang Sebenarnya Bukan Kiper

Pemain dengan market value 475 ribu euro ini pernah ikut membawa Persib Bandung juara Indonesia Super League 2014. Sempat hijrah ke Arema FC, musim ini Konate bergabung dengan Persebaya Surabaya.

Konate ikut membawa Persebaya juara pramusim Piala Gubernur Jawa Timur. Tapi, Konate saat ini masih berjuang mengangkat Bajul Ijo bangkit dari papan bawah Liga 1 2020.*05

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA