#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Brehme pun Ikhlas Melelang Bola Bersejarah demi Bantu Korban Virus Corona
08 April 2020 14:15 WIB
BERLIN – Andras Brehme melelang bola final Piala Dunia 1990 yang hasilnya akan disumbangkan untuk korban pandemi virus corona, khususnya yang terjadi di Italia. Brehme merupakan salah satu legenda dalam sejarah Piala Dunia, terutama yang digelar di Italia tersebut pada 30 tahun lalu itu.

Brehme dan penalti yang dicetaknya ke gawang Argentina, dalam final 8 Juli 1990, di Stadion Olimpico, Roma, menjadi satu-satunya gol yang terjadi dalam final dan menentukan sukses Jerman (Jerman Barat) tampil sebagai juara dunia.

Dalam final tersebut, timnas Jerman Barat yang di bawah kepelatihan Franz Beckenbauer berhasil menjadikan laga tersebut sebagai mimpi buruk untuk Tim Tango yang ketika itu diperkuat bintang mereka, Diego Maradona.


Baca Juga :
- Sanchez Resmi Dibuang MU ke Inter, tapi Gajinya Anjlok Jadi Rp 2,5 Miliar Seminggu
- Lukaku Akui Getafe Bermain Agresif, Tapi Inter Tunjukkan Mentalitas

Pertarungan Maradona dalam melepaskan diri dari penjagaan bek timnas Jerman Barat, Guido Buchwald menjadi kisah tersendiri dari final tersebut. Meski demikian, sukses Jerman Barat tetap ditandai dengan momentum gol penalti Brehme.

Penalti menit ke-85 tersebut yang gagal diantisipasi kiper timnas Argentina ketika itu, Sergio Goycochea, yang meruntuhkan mental Argentina. Selama pertandingan berlangsung, Tim Tango asuhan Carlos Bilardo memang sangat sulit untuk mempertahankan bola di kaki mereka.

Apalagi kemudian, Argentina kehilangan dua bintangnya karena kartu merah di laga ini: Gustavo Dezotti dan Padro Manzon. Sebaliknya, nama Brehme pun menjadi pahlawan bagi publik sepak bola Jerman Barat ketika itu

Bek kiri yang ketika itu sebagai bagian dari klub Seri A, FC Internazionale (1988-1992). Bersama Inter, Brehme meraih gelar Seri A 1988/89, Piala UEFA 1990/91, dan Piala Super Italia pada 1989.


Baca Juga :
- Conte: Inter Tidak Takut Terjebak Permainan Kotor Getafe
- Preview Inter Milan vs Getafe: Alexis Sanchez bagai Mesin yang Kembali Berfungsi

Bola tersebut sejak final Piala Dunia 1990 memang menjadi milik Brehme. Bola itu “dihiasi” seluruh tanda tangan para pemain timnas Jerman saat itu. Lelang untuk bola ini sendiri akan berakhir pada 6 Mei nanti, dan sejak hari ini sudah mencapai di angka 3.150 euro.

Meski demikian, bola bersejarah tersebut pun bukan satu-satunya yang dilelang oleh Brehme. Sejumlah vintage seperti peralatan latihan, yang juga dibubuhi tanda tangannya dilelang demi membantu korban virus corona.*

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA