#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Hasil Tes Terbaru, Asisten Pelatih Timnas Gong Oh Kyun Negatif Corona
07 April 2020 19:24 WIB
JAKARTA – Dokter PSSI, Syarif Alwi, menyatakan hasil terbaru salah satu asisten pelatih timnas Indonesia, Gong Oh Kyun, dinyatakan negatif mengidap virus corona.

Hal tersebut terungkap usai dilakukan swab test Sabtu (04/04/2020) lalu di sebuah rumah sakit di Jakarta, dan hasilnya diketahui Selasa (07/04/2020) ini.

Swab test adalah metode pengujian yang dilakukan dengan menggunakan sampel swab spesimen dari tenggorokan, mulut, atau hidung.


Baca Juga :
- Tahun Ini Liga Untung, PT LIB Siap Penuhi Permintaan Kenaikan Subsidi Klub
- Mudik ke Boyolali, Mantan Pemain Timnas U-23 Ini Kaget Banyak Fasilitas Lapangan Bagus

Setelahnya, akan dilakukan serangkaian tes pada sampel swab tersebut menggunakan metode bernama PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan metode ini, dapat terlihat ada atau tidaknya DNA virus corona pada sampel tersebut.

"Begitu pelatih Gong Oh Kyun dinyatakan positif corona melalui dua kali rapid test, kami langsung melakukan swab test dan hasilnya negatif,” kata Syarif.

“Selama empat hari ia diisolasi di rumah sakit dan kami terus pantau perkembangannya, lalu memberikan berbagai terapi dan vitamin. Hasil ini sudah kami laporkan ke Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan)," ia menambahkan.

Maka itu dijelaskan Syarif, Oh Kyun langsung diperbolehkan pulang dari rumah sakit mulai hari ini. “Namun, ia harus menjalani isolasi mandiri selama dua pekan. Saat ini kondisinya baik-baik saja," ujar Syarif.

Sebelumnya, empat pelatih asal Korea Selatan lainnya yakni pelatih kepala Shin Tae Yong, Kim Hae Woon, Kim Woo Jae, dan Lee Jae Hong juga menjalani pemeriksaan dan tes virus corona.

Tapi, keempat pelatih tersebut dinyatakan negatif virus corona, dan dengan izin PSSI diperbolehkan pulang ke negara mereka.

Saat ini, PSSI telah melaksanakan beberapa prosedur, seperti menetapkan protokol bekerja dari rumah (work from home) bagi seluruh karyawan PSSI sejak 16 Maret lalu.


Baca Juga :
- Menuju New Normal, Robert Rene Alberts Siap Terapkan Protokol Kesehatan untuk Skuat Persib
- Warjok Olahraga: Jika PSSI Ingin Baik, Mulailah dari Memilih Orang-orang Terbaik

Selain itu, melakukan penyemprotan disinfektan di kantor PSSI. Pihak PSSI juga sudah meminta pelatih, pemain, dan karyawan untuk self monitoring, sambil menerapkan kebijakan social and physical distancing.

Sesuai protokol kewaspadaan pencegahan Covid-19 bagi kegiatan keolahragaan yang dikeluarkan Kemenpora, 17 Maret lalu.*05

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA