#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Petarung Indonesia Ini Tetap Berlatih Meski Jaga Jarak
26 March 2020 15:24 WIB
JAKARTA - Olahraga menyehatkan badan. Tidak ada batasan jenis atau disiplin olahraga apa yang harus ditekuni. Bahkan bagi seorang atlet profesional.

Sebagai seorang atlet seni bela diri campuran, Sunoto tentu banyak menghabiskan waktunya untuk mengembangkan kemampuan tarungnya – termasuk bergulat dan beradu serangan atas. Namun ada masa dimana ia menyisihkan waktunya untuk menjalani olahraga lain, yang memang sudah jadi bagian hidupnya sebelum menjalani karier pro.

"Dari dulu senangnya sepak bola atau futsal. Dulu hampir semua olahraga yang umum saya bisa. Seperti badminton, voli, futsal atau sepak bola," tutur atlet kelahiran Blora, Jawa Tengah, yang kini tinggal di Jakarta ini. 


Baca Juga :
- Taklukan Egi dengan TKO, Petarung Ini Janjikan Penampilan Spektakuler Lain
- Bagaimana Atlet ONE Championship Asal Indonesia Menyiasati Cheat Days

Ketiga olahraga tersebut dikenal masyarakat karena popularitasnya. Bahkan, tak jarang lapangan olahraga terkait telah menjadi fasilitas umum bagi warga di perkampungan. Meski tidak berkaitan langsung dengan olahraga yang kini tekuni, kegiatan tersebut bisa menjaga kondisi fisiknya agar tetap bugar. 

"Kebetulan tempat saya tinggal di komplek kostrad, jadi emang di sana tempat fasilitas olahraga banyak tersedia," tutur atlet Indonesia paling di ONE Championship ini. 

Tinggal di lingkungan militer tentu memberi sebuah keuntungan sendiri bagi Sunoto. Selain tersedianya berbagai fasilitas penunjang untuk meningkatkan fisik, lingkungan warganya pun aktif dalam mengembangankan fisik, sehingga turut membantu sisi kompetitif Sunoto. 


Baca Juga :
- ONE Championship Akan Selenggarakan Pertandingan Tanpa Penonton
- Denice Zamboanga Tatap Sabuk Juara Dunia Pasca Kalahkan Petarung Veteran ONE Championship

"Jadi, selain mengisi waktu luang juga olahraga ini untuk jaga stamina. Karena kalau benar-benar off, kan, fisik kita akan turun drastis. Dengan ini, seenggaknya fisik kita terjaga. Saya menjaga interaksi sosial dan senang hiburan termasuk main bola," ungkapnya. 

Meski demikian, Sunoto tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk menjaga jarak di tengah pandemi COVID-19. Hal ini berarti berkurangnya aktivitas olahraga hingga wabah tersebut mereda. Keadaan tersebut turut mempengaruhi pergelaran ONE Championship selama dua bulan kedepan, dimana empat ajang yang telah direncanakan akan digelar secara tertutup. Namun setiap ajang tersebut akan tetap disaksikan lewat ONE Super App, SCTV, vidio.com dan MAXStream. *

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA