#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Membahas Kaitan Angkat Berat dan Kerasnya Sebuah Pukulan Bersama Abro dan Eko Roni
27 February 2020 08:21 WIB
JAKARTA - Latihan strength and conditioning semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, baik bagi para atlet seni bela diri campuran maupun para penggemar olahraga. Dipadukan dengan kecepatan, elemen strength adalah elemen penting bagi power bagi seorang atlet profesional.

Latihan strength akan memungkinkan seorang atlet untuk menyimpan lebih banyak energi dalam pertandingan; utamanya karena otot-otot yang lebih kuat akan menghadirkan cakupan gerak yang lebih luas dan meredam pelepasan kalori sehingga lebih kuat untuk bertarung lebih lama.

Latihan strength melalui angkat berat atau weightlifting menyediakan banyak keuntungan bagi para atlet profesional. Dua atlet ONE Championship asal Indonesia – Abro “The Black Komodo” Fernandes dan Eko Roni Saputra – berbagi pandangan dan pengalaman serta saran tentang weightlifting dan kekuatan eksplosif yang dihasilkannya dalam wawancara eksklusif berikut.


Baca Juga :
- Tembus Panggung Dunia, Begini Kisah Petarung Indonesia Eko Priandono
- Hari Film Nasional di Mata Petarung ONE Championship

Seberapa penting unsur weightlifting dalam strength training Anda?

Abro: Weightlifting itu penting tentunya untuk meningkatkan kualitas pukulan.

Eko Roni: Berlatih beban sangat penting bagi saya supaya memiliki power dan daya tahan lebih.

Apa saja menu weightlifting dalam latihan dan seberapa sering Anda melatihnya?

A: Cukup banyak latihan unsur weightlifting, salah satunya adalah beberapa teknik yang menggunakan kettlebell dan barbell, setidaknya tiga kali dalam  sepekan.

E: Saya berlatih beban 2 kali dalam seminggu dengan semua jenis alat beban. Saya suka melakukan weightlifting karena setiap berlatih kita bisa menggunakan alat yang berbeda-beda

Apakah weightlifting memang efektif menghasilkan power yang lebih eksplosif di atas ring?

E: Sangat penting bagi kita (atlet) untuk berlatih weightlifting karena salah satunya adalah agar kita bisa membangun dan mendapatkan power yang tepat saat berlaga di atas ring.

Adakah pengalaman di atas ring yang merupakan dampak weightlifting?

A: Dengan latihan beban, maka dampak berupa kerusakan atau damage dari serangan-serangan yang saya lakukan terhadap lawan akan lebih terlihat,” ujar petarung yang berangkat dari disiplin kempo ini.

E: Hasil dari latihan weightlifting itu akan jelas tampak saat kita menyerang dengan pukulan dan tendangan, ada power yang lebih dalam setiap serangan kita

Menurut Anda, apa saja yang harus diwaspadai dalam latihan weightlifting?


Baca Juga :
- Petarung Indonesia Ini Tetap Berlatih Meski Jaga Jarak
- Taklukan Egi dengan TKO, Petarung Ini Janjikan Penampilan Spektakuler Lain

A: Perlu ada pengawasan oleh ahli atau pelatih, karena jika kita berlatih asal-asalan maka akan berakibat cedera otot dan pembentukan otot yang malah tidak sesuai.

E: Kita tidak boleh sembarangan dalam berlatih angkat beban. Harus ada pelatih yang mendampingi dan program yang jelas, karena kalau tidak terencana justru dapat menimbulkan cedera yang fatal.*

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA