#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Robert Turunkan Skuat Inti yang Sama dalam Dua Uji Coba Terakhir, Skema Persib Mulai Terlihat
25 February 2020 19:23 WIB
BANDUNG – Fase uji coba pramusim telah dijalani Persib Bandung sebagai persiapan menuju laga perdana Liga 1 2020 menjamu Persela Lamongan, 1 Maret mendatang di Stadion Si Jalak Barupat. Berbagai eksperimen selama menjalani uji coba dengan tim dari berbagai level, lokal maupun internasional, berakhir relatif baik.

Enam uji coba di Tanah Air diakhiri dengan kemenangan yaitu lawan Melaka United (3-1), Persib U-20 (7-2), PSKC Cimahi (3-0), Barito Putera (2-1), Persis Solo (2-0), dan PS Sleman (2-0). Sisanya imbang lawan Tira Persikabo (0-0) dan sekali kalah menghadapi PSCS Cilacap (0-3) saat menurunkan tim cadangan.

Dua uji coba di luar negeri juga sempat dijajaki Maung Bandung, yakni pada ajang pramusim Asia Challenge 2020 di Selangor, Malaysia, 18-19 Januari lalu. Hasilnya kalah 0-3 dari tuan rumah Selangor FA dan menang 2-0 atas Hanoi FC, juara Liga Vietnam.


Baca Juga :
- Duo Kembar Bagas-Bagus Sampaikan Simpati kepada Penyerang Persib Wander Luiz
- Sujana Masih Ingat dengan Cemoohan: Kalau Nendang Bola Jangan Pakai Gigi

Dari uji coba sebanyak itu, tentunya kerangka tim inti yang akan dipasang Robert dalam kompetisi nanti sudah mengerucut. Terbukti, dalam dua uji coba terakhir yang diikuti seluruh pemain, yakni lawan PS Sleman (16/2) dan Tira Persikabo (21/2), Robert memasang skema 4-4-2 dengan menurunkan skuat inti yang sama. 

Teja Pakualam sebagai kiper, lalu empat bek sejajar Ardi Idrus, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Zalnando. Febri Hariyadi dan Esteban Vizcarra menempati sayap kanan dan kiri, didukung Dedi Kusnandar dan Omid Nazari di tengah. Sedangkan duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion dipasang sebagai penyerang.

Tapi, saat dikonfirmasi, Robert justru meminta wartawan memberi kesimpulan sendiri soal skuat intinya nanti. “Selama persiapan dari latihan, latih tanding, uji tanding, dan uji coba, kami mendapatkan pelajaran. Jika kalian mengikuti tentu tahu komposisi serta skema mana yang akan kami terapkan nanti,” Robert menuturkan.

Yang jelas pelatih asal Belanda itu mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan mengisi starting eleven. Tinggal proses pematangan sepekan jelang kick-off Liga 1. “Semua program persiapan sudah dijalani. Kini, kami masuk fase intesivitas, menjaga peak performance pemain dan mematangkan skema itu,” katanya.

Untuk memaksimalkan masa persiapan, menurut Robert juga dibutuhkan berbagai hal. “Tempat latihan misalnya, juga harus benar-benar mendukung untuk melaksanakan hasil evaluasi dari beberapa uji coba yang sudah kami jalani,” ujar mantan pelatih PSM Makassar itu.

Soal Target

Meski demikian, Robert belum memaparkan soal target yang akan dicanangkannya pada kompetisi kasta tertinggi musim ini. Masalah target dijelaskan pelatih 65 tahun tersebut akan dibicarakan pada pekan depan setelah semuanya berjalan.

“Pada pekan ini kami cukup banyak agenda. Kami juga akan membenahi semua kekurangan tim. Setelah semuanya oke, barulah kami dan pemain akan bertemu manajemen untuk bicara soal target pada Liga 1 2020 mendatang,” Robert mengungkapkan.

Launching tim yang akan dilaksanakan di Citilink, Jalan Peta, Kota Bandung, Selasa (25/2) besok, tidak luput dari perhatian Robert. Maka itu, program latihan digelar pagi hari karena launching berlangsung sore harinya. “Setelah itu, kami fokus ke kompetisi dan akan intensif berlatih di Stadion Si Jalak Harupat hingga jelang laga perdana lawan Persela,” katanya.*Arief Nugraha K

 

Starting XI Robert Rene Alberts dalam Beberapa Uji Coba

01/02/20

Persib 3-1 Melaka United

4-4-2

Made

Supardi, Igbonefo, Kuipers, Ardi

Febri, Nazari, Dedi, Vizcarra

Luiz, Castillion

11/02/20

Persib 2-1 Barito Putera

4-2-3-1

Teja

Ardi, Igbonefo, Kuipers, Zalnando

Beltrame, Nazari

Febri, Luiz, Vizcarra

Castillion

16/02/20

Persib 2-0 PS Sleman

4-4-2

Teja

Ardi, Igbonefo, Kuipers, Zalnando

Frets, Nazari, Dedi, Vizcarra

Luiz, Castillion

21/02/20

Persib 0-0 Tira Persikabo

4-4-2

Teja

Ardi, Igbonefo, Kuipers, Zalnando

Frets, Nazari, Dedi, Vizcarra

Luiz, Castillion

 

 


Baca Juga :
- Soal Denda Rp 30 Juta untuk Persib, Pentolan Viking Menilai Itu Bukan Hanya Kesalahan Bobotoh
- Dapur dan Kopi Persib Tutup Total, Pembelian Jersey Dialihkan via Online

 

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA