#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Tiga Tantangan Kepengurusan PSSI Periode 2019-2023 Usai Dilantik
25 February 2020 18:53 WIB
JAKARTA – Kepengurusan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023 akhirnya resmi dikukuhkan, pada Senin (24/2). Prosesi pelantikan pengurus baru PSSI tersebut dipimpin oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, di Gedung KONI, Senayan, Jakarta.

Kepengurusan inti PSSI hadir dalam acara tersebut. Mulai dari Ketua Umum Komjen Pol Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum (Waketum) I Mayjen TNI (Purn) Cucu Somantri, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ratu Tisha Destria, dan Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita.

Juga turut hadir dalam pelantikan, 12 anggota Komite Eksekutif (Exco). Serta, para ketua dan anggota Badan Yudisial yang terdiri dari Komite Disiplin, Komite Banding, Komite Etik, dan Komite Wasit.


Baca Juga :
- Dampak Corona, Gaji Staf Pelatih Timnas Bakal Kena Penyesuaian
- Insan Sepak Bola Tanah Air Beri Dukungan Moril kepada Tenaga Medis

Hanya satu yang tidak terlihat dalam pelantikan, yaitu Waketum II Iwan Budianto. Dalam kesempatan itu Mochamad Iriawan mengatakan, struktur lengkap PSSI sudah terbentuk namun belum dirilis nama-nama yang akan mengisi Komite Tetap.

Komite tersebut mengurusi beberapa bagian. Di antaranya keuangan, kompetisi dan teknis pengembangan, sepak bola perempuan, pengembangan sepak bola usia muda, hingga media.

"Komite tetap sudah ada. Komite tetap ini kan dari Exco. Sudah semua sampai ke bawah-bawahnya. Tapi yang hanya dilantik di sini adalah Exco dan Komisi Yudisial," kata pria yang lebih dikenal dengan panggilan Iwan Bule tersebut.

Menyukseskan Piala Dunia U-20 2021, menggelar kompetisi berkualitas, dan mencetak timnas yang tangguh dari usia muda hingga senior. Itulah tantangan terbesar PSSI kepengurusan yang baru ini.

"PSSI punya tugas yang sangat berat. Masyarakat Indonesia semua memberikan dukungan dan pasti banyak harapan agar prestasi sepak bola kita ke depan semakin baik," kata Marciano.

"Kemudian jangan lupa, tahun depan kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh elemen untuk mendukung pengurus PSSI, agar dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan pada 2021 nanti kita tidak hanya jadi tuan rumah tapi prestasi tim sepak bola kita juga jadi kebanggaan semua," ia menambahkan.

Dalam pelantikan tersebut, juga dilaporkan segala program utama PSSI dalam satu tahun ke depan. Utamanya soal kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, menyangkut infrastruktur hingga perkembangan tim nasional.

"Dengan kepengurusan yang sudah dilantik ini, kami ingin membangun sepak bola Indonesia lebih maju. Maka kami mohon arahannya dari KONI," kata Iwan Bule. "Presiden pun berpesan tiga hal kepada kami yakni soal timnas, kompetisi, dan industri sepak bola. Tiga hal ini akan kami upayakan untuk diwujudkan,” ia menambahkan.

Menurut Iwan Bule, pihaknya akan berkoordinasi dan akan menerima arahan dari KONI. “Sekali lagi kami ingin sinergi yang kuat dengan semua pihak yang ingin membantu memajukan sepak bola Indonesia," ia menambahkan.*Furqon Al Fauzi

Susunan Kepengurusan PSSI Periode 2019-2023

Komite Eksekutif

1. Ketua Umum : Mochamad Iriawan

2. Wakil: Cucu Somantri, Iwan Budianto

3. Anggota: Yunus Nusi, Ahmad Riyadh, Juni A. Rachman, Sonhadji, Hasani Abdulghani, Vivin Cahyani, Endri Erawan, Pieter Tanuri, A.S Sukawijaya, Dirk Soplanit, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman.

Sekretaris Jenderal: Ratu Tisha Destria

Komite Disiplin

1. Ketua: Erwin TPL Tobing

2. Wakil Ketua: Eko Hendro

3. Anggota: Kairul Anwar, Umar Husein, Aji Ridwan Mas

Komite Banding

1. Ketua: Triana Dewi Seroja

2. Wakil: Isaac Marcus

3. Anggota: I Gede Pasek

Komite Etik

1. Ketua: Bambang Usadi


Baca Juga :
- PSSI Harus Concern pada Tiga Pilar FIFA Terkait Kelanjutan Kompetisi
- PSSI Luncurkan Video “Garuda Melawan Corona”

2. Wakil: Markoni

3. Anggota: Ali Mukartono

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA