#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Uji Coba Terakhir Persib, Robert Minta Pemainnya Tampil Maksimal lawan Tira Persikabo
21 February 2020 06:50 WIB
ARIEF NUGRAHA K/AGUSTIAN PRATAMA

CIBINONG – Sebanyak 18 pemain utama Persib Bandung akan dipantau secara serius oleh pelatih kepala Robert Rene Alberts dalam uji coba lawan Tira Persikabo di Bandung, Jumat (21/2) sore. Wajar karena mereka adalah bayangan skuat Robert pada Liga 1 2020, mendatang.

Meski begitu, Robert menegaskan, komposisi pemain yang dibawa ke Bogor tersebut belum bisa dibilang fixed sebagai skuat inti. Itu sebabnya uji coba terakhir lawan Tira Persikabo disebut sebagai ajang penilaian performa anak asuhannya sebelum kick-off kompetisi Liga 1, 29 Februari mendatang.


Baca Juga :
- Sejumlah Klub Mengubah Logo sebagai Kampanye Perangi Virus Corona
- Klub Liga 1 2020 Memberikan Dukungan pada Pemain Persib yang Positif Covid-19

“Ini game dalam memanfaatkan pramusim. Dalam pramusim inilah saya ingin melihat performa pemain. Terutama saat menghadapi Laskar Pajajaran, julukan Tira Persikabo, karena tim ini satu level dengan Persib,” Robert mengungkapkan, Kamis (20/2).

Karena itu, kata pelatih asal Belanda tersebut, uji coba lawan Tira Persikabo penting. “Menurut kami, uji coba ini sangat dibutuhkan sebelum kompetisi. Jadi, kami tahu kekuatan calon-calon lawan kami di Liga 1 nanti. Jelas, dari hasil uji tanding ini akan kami ambil sisi positifnya,” ucap mantan pelatih PSM Makassar itu.

Meskipun melawan Tira Persikabo hanya laga uji coba, Robert tetap berharap hasil terbaik. Sebab, katanya, apa pun hasil akhirnya nanti akan menjadi bahan penilaian sekaligus sebuah keputusan untuk menentukan skuat inti. “Memang, hasil akhir akan ada skor tetapi itu belum menjadi standar ukuran kami,” kata Robert.

Ia mengingatkan anak asuhnya untuk bermain baik. Maklum, ini uji coba terakhir yang bisa jadi berpengaruh terhadap mental tanding tim saat kompetisi dimulai. “Kami juga berharap tidak ada yang cedera dalam uji coba ini,” ujar pelatih 65 tahun itu.

Menghadapi tim asal Kabupaten Bogor ini, merupakan uji tanding ke-10 bagi Supardi Nasir dan kawan-kawan. Sembilan uji tanding pramusim telah dilewati dengan dua kali kalah dari Selangor FA dan PSCS Cilacap, sisanya menang dan hanya kebobolan enam gol.

Tanpa Target

Di sisi lain pelatih Tira Persikabo Igor Nikolayevich Kriushenko mengatakan, melawan Persib adalah uji coba keenam. Sebelumnya Persikabo menghadapi tim U-20, tim Liga 2 Tiga Naga, PPLM Kabupaten Bogor, PSB Kota Bogor, dan PSM Makassar.

Lewat rangkaian uji coba ini termasuk lawan Persib,  ia hanya ingin melihat sejauh mana perkembangan performa serta kemampuan timnya sebelum kompetisi resmi dimulai. "Tidak ada target atau tujuan khusus lawan Persib, hanya untuk mengasah skill pemain agar lebih siap di Liga 1 nanti," kata Kriushenko, Kamis (20/2).

Hanya saja,  diharapkannya performa tim semakin membaik daripada uji coba sebelumnya saat menang 1-0 atas PSM. Ciro Alves dan kawan-kawan diminta bermain kompak dan menjalankan taktik sesuai instruksinya. "Semua pemain kami dalam kondisi fit, dan siap untuk melawan Persib. Semoga pertandingan sesuai yang kami inginkan," kata dia.


Baca Juga :
- Jika Kompetisi Kembali Bergulir Juli 2020, Persib Sudah Siapkan Program
- Efek Domino Pembekuan Liga Indonesia, Apa Saja Kerugian Klub?

Sebelum melawan Maung Bandung, timnya sudah memperbaiki kelemahan yang terlihat saat melawan PSM, namun Kriushenko enggan merinci kekurangan timnya tersebut. "Setiap kelemahan yang kami evaluasi dari laga uji coba, kami perbaiki terus sebelum kompetisi," katanya.Terakhir, Kriushenko hanya menyayangkan laga Tira Persikabo kontra Persib akan berlangsung tanpa penonton. *Arief Nugraha K/Agustian Pratama

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA