#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Usai Kalahkan PS Sleman dalam Uji Coba, Robert Belum Juga Temukan Gambaran Skuat Inti Persib
18 February 2020 09:18 WIB
BANTUL – Atmosfer kemenangan beruntun Persib Bandung terus terjaga. Terakhir, Maung Bandung menekuk PS Sleman 2-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta, Senin (17/2) sore.  Ini jadi kemenangan ketujuh tim asuhan Robert Rene Alberts itu sepanjang uji coba dan latih tanding jelang kick off Liga 1 2020.

Kemenangan ini tentu jadi bekal berharga bagi para pemain yang akan tampil dalam laga perdana Liga 1 menjamu Persela Lamongan, 1 Maret mendatang. Setidaknya modal kepercayaan diri berada dalam dada Supardi Nasir dan kawan-kawan.  

Gol pembuka kemenangan Persib lahir menit ke-20 melalui sundulan Victor Igbonefo setelah memanfaatkan tendangan penjuru. Satu menit jelang babak pertama usai, gol dari bola mati lahir melalui titik penalti karena pelanggaran pemain PSS di kotak terlarang. Ekekusi diselesaikan dengan baik oleh Wander Luiz.


Baca Juga :
- Alasan Robert Rene Alberts Selalu Pakai Topi, Awalnya karena Cewek
- Tegas! Pemain Persib Wajib Lahap Program Dua Kali Sehari, Hasil Latihan Direkam dan Dikirim lewat WA

Sayang, kemenangan Persib dalam uji coba yang berlangsung tertutup alias tanpa penonton itu harus dibayar mahal. Striker anyar Geoffrey Castillion harus ditarik keluar menyusul cedera yang dialaminya. Menit ke-25 Castillion digantikan Zulham Zamrun.

Dalam uji tanding itu, Robert kembali mematangkan skuat berintikan Teja Paku Alam di mistar gawang. Empat bek di belakang ada Ardi Idrus, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, dan Zalnando. Empat pemain lini tengah yakni Frets Butuan, Dedi Kusnandar, Omid Nazari, dan Esteban Vizcarra. Sementara Castillion dan Luiz kembali berduet di depan.

Lalu, Frets mengisi posisi sayap yang ditinggal Febri Hariyadi. Boleh jadi, alasan Robert tidak menempatkan Zulham di posisi Febri karena memang disiapkan apabila salah satu striker terkena kendala di tengah jalan. Juga bisa jadi karena faktor stamina, sebab Zulham saat lawan Persis Solo sebelumnya dimainkan sejak menit awal.

Masuk babak kedua, Robert tidak mengubah komposisi. Pergantian baru dilakukan menit ke-64. Frets ditarik keluar, lalu masuk pemain muda, Beckham Putra Nugraha. Kehadiran Beckham cukup menjadi pembeda irama permainan Persib. Tapi hingga peluit babak kedua dibunyikan tidak ada gol tambahan bagi Persib.

Soal hasil pertandingan, Robert sejatinya tidak terlalu mementingkan. “Seperti layaknya uji coba, kedua tim bermain dengan standar yang dicari. Secara keseluruhan kami dapat kesan bagus, Sleman juga tim bagus dan mereka mempunyai kemampuan individual, tapi kami bisa menguasai permainan,” kata Robert, usai laga.

“Dalam 15 menit awal kami memang tidak terlalu menekan sehingga lawan sedikit lebih bebas. Tapi setelah itu kami mulai kembali pada permainan dan menguasai pertandungan. Kini kami semakin stabil dan itu sesuai target. Pemain juga sudah paham yang harus dilakukan,” ia menambahkan.

Tapi, pelatih asal Belanda itu tidak ingin buru-buru mengatakan bahwa tim yang diturunkan kemarin merupakan gambaran starting eleven musim ini. “Kami masih menganalisis karena Febri Hariyadi masih berada di tim nasional. Tapi kami semakin dekat untuk memastikan anggota pemain inti musim ini,” ujar Robert.

Uji coba lawan PSS ternyata bukan yang terakhir bagi Persib. Menurut Robert, Persib akan melanjutkan tur ke Cilacap untuk menghadapi klub Liga 2 2020, PSCS, Kamis (20/2).  “Lalu antara tanggal 21 atau 22 Februari kami akan ke Bogor untuk menjajal Tira Persikabo. Setelah itu kami launching tim pada 25 Februari,” Robert menambahkan.

“Melihat mepetnya jadwal uji coba, rencananya kami akan membagi skuat menjadi dua tim. Satu tim ke Cilacap dan lainnya ke Bogor,” Robert menambahkan.


Baca Juga :
- Dua Hari Lagi Isolasi Mandiri Wander Luiz Selesai
- Nandar Iskandar, Pelatih Lokal Pencetus Tradisi Juara

Sedangkan pelatih PSS, Eduardo Perez, tidak terlalu kecewa dengan kekalahan timnya.  “Laga lawan Persib ini jadi salah satu ujian.Tentu kami ingin menang. Namun di pramusim, terpenting kami bisa melihat perkembangan tim dan menganalisisnya,” kata Eduardo.

Diakuinya, banyak pekerjaan rumah yang mesti dibenahi. Termasuk improvisasi dalam permainan. “Kami masih ada satu laga uji coba lagi. Dan saya selalu berpikir positif akan potensi yang dimiliki tim ini,” ucap pelatih asal Spanyol ini. Rencananya, PSS akan kembali menjalani laga uji coba Sabtu (22/2) lawan Persipura Jayapura.*Arief Nugraha K/Sri Nugroho

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA