#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Preview PS Sleman vs Persib Bandung, Robert Lanjutkan Eksprimen dengan Memasang Skuat Inti
17 February 2020 09:05 WIB
YOGYAKARTA – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts siap menerapkan satu eksperimen lagi dalam uji coba pramusim kedua tur Solo-Yogyakarta melawan tuan rumah PS Sleman di Yogyakarta, Senin, (17/2). Robert memastikan, evaluasi dari kedua eksperimen itu akan jadi penentu skuat inti menuju kick-off Liga 1 2020.

Dalam uji coba sebelumnya di kandang Persis Solo, Stadion Manahan, Sabtu (15/2) lalu, Robert banyak menurunkan pemain muda. Yang menarik, dalam eksperimen pertama itu Robert tidak melulu memainkan pemain pada posisi sebenarnya.

Seperti bek sayap kanan Henhen Herdiana, ditempatkan Robert jadi pendamping Fabiano Beltrame di bek tengah. Sedangkan posisi yang ditinggalkan Henhen diserahkan kepada pemain muda Mario Jardel. Lalu yang mengejutkan, Robert menempatkan Beckham Putra Nugraha sebagai striker berduet dengan Beni Oktovianto.


Baca Juga :
- Misi Tersembunyi Bhayangkara FC di Liga 1 2020: Memikat Suporter
- Lelang 30 Jersey, PSS Sleman Ikut Perangi Covid-19

Sementara Zulham Zamrun menggantikan posisi yang ditinggal Febri Hariyadi (memenuhi panggilan timnas senior). Sedangkan Ghozali Siregar menjadi penyuplai bola dari serangan kiri. Eksperimen ini dinilai berhasil, Maung Bandung menundukkan tuan rumah 2-0. Skema yang diterapkan Robert saat menghantam Persis adalah 4-4-2.

"Kami tidak bermaksud meremehkan Persis tapi tujuan kami agar para pemain muda bisa merasakan bertanding sebanyak-banyaknya. Baru nanti di kandang PSS skuat inti lebih diberi kesempatan. Apa pun hasilnya, akan kami manfaatkan untuk menentukan siapa saja pemain yang layak masuk tim inti," ujar Robert di Yogyakarta, Minggu (16/2).

Robert mengaku puas dengan performa timnya dalam eksperimen pertama. "Rotasi saat lawan Persis bisa dijawab oleh para pemain muda. Penampilan Persis juga bagus sehingga tim dan pemain kami bisa teruji, semua pergerakan terutama kecepatan, " ia menambahkan.

Soal laga lawan Elang Jawa, julukan PSS, sore nanti, pelatih asal Belanda itu menilai permainan PSS sesuai dengan harapannya, yakni klub selevel Liga 1. “Menghadapi PSS kami akan menurunkan komposisi berbeda. Sudah jadi rencana kami memainkan seluruh 26 pemain yang dibawa. Semua harus dimaksimalkan dalam pramusim ini," ucap Robert.

Sementara itu, PSS sudah menyiapkan diri untuk uji coba lawan Maung Bandung. Hanya saja uji coba kali ini sedikit di luar dugaan dalam penyelenggaraannya.  “Uji coba lawan Persib Senin ini sifatnya tertutup tanpa penonton. Lokasi juga kemungkinan besar tidak di Stadion Maguwoharjo,” kata manajer sementara PSS, M Eksan.

Cukup menjadi pertanyaan sebenarnya alasan laga uji coba lawan Persib digelar tertutup. Namun jika melihat sedikit ke belakang, teror yang sempat dilakukan Sleman Fans, sebutan suporter PSS, saat tim menggelar latihan perdana musim 2020 dan saat di Jakarta jadi catatan tersendiri.


Baca Juga :
- APPI: Harus ada Addendum yang Jelas dari Klub untuk Keputusan Pemotongan Gaji Pemain
- Kisah Haru Bek PSS Sleman yang Tak Dapat Menemui Orangtuanya karena sedang di Karantina

Kondisi kurang kondusif antara manajemen PSS dan Sleman Fans ditengarai jadi biang digelarnya laga uji coba tertutup ini. Dalam kondisi normal, tentunya laga lawan Persib bagus untuk ujian taktikal PSS dan menjanjikan pemasukan bagus dari penjualan tiket pertandingan, seperti saat Persib bertanding di Solo Sabtu lalu.

Yang jelas sejak pulang dari TC di Jakarta, PSS memang dikaitkan dengan dua agenda uji coba yakni lawan Persib dan Persipura Jayapura. “Uji coba penting untuk melihat progres tim. Saya senang dengan yang sudah dilakukan pemain dalam tiap sesi latihan,” kata Eduardo. Sayangnya PSS bakal tanpa bintang baru Irfan Bachdim yang sedang memenuhi panggilan timnas Indonesia di Jakarta.*Arief Nugraha K/Sri Nugroho

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA