#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Perhatikan! Ini Duduk Perkara dan Kronologi Kasus Man City hingga Disanksi UEFA
15 February 2020 09:48 WIB
MANCHESTER – Tak ada yang lebih ramai di jagat sepak bola dunia selain membicarakan soal Manchester City. Sanksi telah dijatuhkan UEFA untuk Man City. Di musim 2020/21 dan 2021/22, Man City dilarang ikut semua kompetisi UEFA tak peduli apa pun hasil di Liga Primer.

UEFA mendapati Man City telah senyata-nyatanya melakukan pelanggaran keuangan klub yang sanga berat. Intinya, Man City dianggap terbukti mengakali pendapatan sponsor. Istilahnya, mereka dapat suntikan dana sponsor tapi pakai uang sendiri. Caranya, dengan menyulap laporang keuangan klub.

Nama sponsor yang dibonceng adalah perusahaan penerbangan Etihad yang tahun lalu dikabarkan jadi sponsor utama dan membayar 68 juta paun untuk setahun. Saat ditelisik lebih dalam, didapat keterangan bahwa Etihad membayar ke Man City hanya sebesar 8 juta paun.


Baca Juga :
- PSM Makassar Tidak Lakukan Tes Covid-19 ke Anggota Timnya
- Fellaini Kena Corona Langsung dari Negara Asal, Dirawat di Sana Pula

Sedangkan 60 juta paun dibayarkan langsung pihak Abu Dhabi United Group (ADUG) ke kas Man City. ADUG sendiri adalah perusahaan induk Man City. Ini duduk perkaranya. Sedangkan kronologisnya sebagai berikut:

5 November 2018
Kasus ini berawal dari pemberitaan media asal Jerman, Der Spiegel yang memaparkan pelanggaran Man City tersebut. Der Spiegel tak perlu sangat merinci lantaran pokok masalah ini sederhana saja.

19 Maret 2019
UEFA memulai penyelidikan ini dan beberapa potensi pelanggaran yang dilakukan Man City tapi malah dipublikasikan di berbagai media. Artinya, kebohongan Man City ditampilkan dimana-mana.

13 Maret 2019
Club Financial Control Body (CFCB) atau sebuah badan dalam UEFA yang mengawasi keuangan klub-klub Eropa sudah bulat bahwa Man City telah melakukan pelanggaran berat. Rekomendasi CFCB, Man City dilarang ikut kompetisi UEFA minimal satu musim.

Juni 2019
Man City keberatan atas tuduhan UEFA melalui sidang arbitrase olahraga (CAS). Mereka menantang UEFA melakuan pembuktian lebih mendalam.

November 2019
Gantian Man City gagal melawan balik bukti-bukti yang diberikan UEFA di CAS.

12 Februari 2020
CAS mulai mendokumentasikan jalannya persidangan termasuk vonis yang akan diberikan untuk Man City


Baca Juga :
- Mourinho Jitu! Melepas 15 Pemain selama Melatih MU, Hanya Lima yang Jadi Bagus
- Liverpool Punya Bek Kiri Terbaik Dunia tapi Butuh Pelapis, Tiga Opsi Ini dari Akademi

14 Februari 2020
UEFA resmi menjatuhkan sanksi untuk Man City berupa larangan tampil di semua kompetisi buatan UEFA.*

 

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA