#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Uji Coba Persis Solo vs Persib Bandung Malam Ini, Robert Lanjutkan Eksperimen Strategi
15 February 2020 10:00 WIB
SOLO – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengisyaratkan bakal bereksperimen lagi saat timnya rangkaian tur di Solo dan Sleman. Pelatih asal Belanda itu memastikan akan ada perbedaan strategi ketika menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan, Sabtu (15/2) dan menjajal PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Senin (17/2).

Sebab, kedatangannya bersama anak asuhnya ke Jawa Tengah dan Yogyakarta bukan cari kemenangan. Melainkan dalam rangka mengasah timnya sebelum memasuki musim kompetisi. “Skema dan komposisi boleh berbeda tetapi semua pemain akan mendapatkan kesempatan bermain,” ucap Robert, Jumat (14/2) setibanya di Solo.

“Kami membawa pemain yang usianya 20 hingga 38 tahun. Tetapi, menurut kami tidak ada yang tua dan muda. Meski ada perbedaan 20 tahun saya kira semua akan merasakan bermain. Jadi, saya pikir, di tim kami tidak pemain tua atau muda semua harus bisa bermain 90 menit. Sepak bola selalu muda,” Robert menambahkan.


Baca Juga :
- Akademi Sepak Bola yang Baru Didirikan Mantan Striker Asing PSIS Ini Belum Bisa Berjalan karena Virus Corona
- Zalnando, Bek Persib, Tetap Jalankan Bisnisnya di Tengah Wabah Corona

Mantan pelatih PSM Makassar menilai, dua tim yang akan dihadapinya baik Persis maupun PSS sama-sama bagus. Meskipun Persis bermain di kasta kedua, Liga 2 2020.

“Maka itu uji tanding yang akan akan kami jalani akan sangat menarik dan seru. Apalagi ketika menghadapi Persis kami akan bermain di lapangan baru. Begitu juga setelah itu kami akan bermain di Sleman juga dengan lapangan yang bagus,” ujar Robert.

Meski begitu, Robert tidak menyebutkan komposisi yang akan dimainkan lawan Persis nanti. Hanya menurut Robert, gelandang serang Wander Luiz dan striker Geoffrey Castillion tidak akan tampil penuh. “Keduanya disiapkan tampil lebih banyak saat menghadapi PSS yang sama-sama bermain di Liga 1,” ujar Robert.

Tapi, bukan berarti Robert memandang sebelah mata kepada Persis. “Kehormatan bagi kami diundang ke Solo. Uji tanding ini bagi kami sangat penting karena Persis yang kami tahu sangat bagus dan kami sudah mempersiapkan diri dua minggu,” ucap Robert.

Pelatih 65 tahun ini juga punya target tersendiri dalam uji coba pertama tur ini. “Melawan Persis saya ingin pemain lebih banyak mencetak gol. Saya pun ingin melihat koordinasi pertahanan mana yang lebih baik apakah dengan tiga bek atau empat bek,” ujarnya.

Bek Persib Victor Igbonefo juga menyambut antusias uji coba ini. Sebab katanya, penampilan di Solo akan memengaruhi persiapannya menghadapi Liga 1. “Ini asalah satu persiapan saya menghadapi Liga 1. Di Solo kami juga akan menyuguhkan permainan fair play melawan Persis,” kata pemain naturalisasi asal Nigeria ini.

Persis sendiri menatap serius laga uji coba lawan Persib. Tim asuhan Salahudin itu bertekad memberikan permainan cantik pada laga yang digelar dalam rangka HUT ke-20 Pasoepati dan HUT ke-275 Kota Solo ini.

“Tentu bukan hasil yang kami cari. Pertandingan ini bagus untuk mengasah mental pemain melawan tim dari Liga 1,” kata Salahudin. Hanya saja tampaknya skuat berjulukan Laskar Sambernyawa itu tidak akan menurunkan starter terbaiknya.

Kondisi fisik pemain baru termasuk sederet pemain dari Liga 1 yang didatangkan musim ini belum dalam level terbaik. “Kami akan turunkan starter yang benar-benar siap secara fisik,” ucap Salahudin lagi.


Baca Juga :
- Kisah Yaris Riyadi, Pesona si Ucing yang Menancapkan Kukunya di Persib Bandung
- Tak Diduga, Ini Alasan Robert Rene Alberts Ingin Pensiun di Persib

Stadion Manahan yang berkapasitas 20 ribu penonton dipastikan bakal full. Kapasitas ini memang sedikit berkurang dari semula sekitar 24 ribu penonton sebelum direnovasi. Ini karena saat ini stadion sudah full single seat.*Arief Nugraha K

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA