#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Piala Gubernur Jatim 2020
Lawan Sabah FA, Momen Persija Bereksperimen Formasi
13 February 2020 08:08 WIB
MALANG - Persija tak ingin mengendurkan pedal gas sedikitpun saat melawan Sabah FA pada laga kedua Grup B Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020, Kamis (13/2) di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kemenangan telak 4-1 atas Persela di laga pembuka, jadi modal untuk tampil konsisten.

Jika kembali berhasil meraih poin tiga, hampir pasti satu tiket semifinal digenggam. Namun, pelatih Persija Sergio Farias, pastinya melihat pertandingan melawan Sabah bukanlah laga yang mudah. Dengan waktu recovery yang hanya satu hari rest, ia harus pandai-pandai dalam mengelola stamina dari para pemainnya.

Rotasi jadi salah satu trik yang paling mungkin dilakukan. Untuk hal ini, Farias tentunya tak akan dibuat pusing dalam meracik tim. Khusus turnamen ini ia menyertakan hampir seluruh anggota skuat sebanyak 32 pemain termasuk pilar anyar Macan Kemayoran, Osvaldo Haay.


Baca Juga :
- Rukman, si Domba yang Membuat Pemain Persija Jatuh Terguling-guling
- Kepada Media Lebanon, Hussein El Dor Bercerita Mengapa Menolak Liga Malaysia dan Memilih Indonesia

Penyerang timnas U-23 itu bahkan sudah bergabung dalam latihan tim di Malang, kemarin. Kendati, peluang Osvaldo untuk tampil perdana dengan seragam Persija melawan Sabah terbilang kecil. “Dia (Osvaldo) harus pelan-pelan ikut tim. Ini karena kami ingin pantau kondisinya lebih detail,” kata Farias.

Menyangkut siapa saja yang bakal diturunkan melawan Sabah, Farias punya banyak opsi. Pasalnya, kedalaman skuat Persija musim 2020 ini bisa dibilang salah satu yang terbaik. Bahkan, dari sekian banyak pemain yang ada, beberapa di antaranya bisa dimainkan di sejumlah posisi berbeda.

Di sisi lain, Farias tampaknya memang ingin memanfaatkan ajang PGJ ini untuk memantapkan tim sekaligus simulasi menjelang kompetisi Liga 1 yang akan bergulir mulai akhir bulan ini. Salah satu acuannya adalah Farias justru tidak memaksimalkan pergantian pemain yang diperbolehkan maksimal lima pemain.

Pelatih 43 tahun tersebut hanya mengganti tiga pemain saat Persija melawan Persela Selasa lalu. Ia juga sengaja memainkan full 90 menit dua bek yang sudah tidak muda lagi seperti Otavio Dutra dan Marco Motta, untuk melihat sejauh mana ketangguhan fisik dari kedua pemain tersebut.

Farias juga mencoba beberapa opsi skema mulai 4-3-3-, 4-2-3-1, sampai dengan menumpuk banyak gelandang dengan formasi 4-5-1 saat Evan Dimas masuk di babak kedua.

“Kami gunakan turnamen ini untuk cari komposisi terbaik untuk tim, sebelum berlaga di liga akhir bulan nanti,” Farias melanjutkan.

Lebih lanjut, Farias mengatakan dirinya akan mempersembahkan permainan terbaik sekalipun melakukan beberapa rotasi di skuatnya. Farias mengatakan bakal memberikan kesempatan kepada semua pemain merasakan atmosfer persaingan di lapangan.

“Akan ada kompetisi yang panjang dan kami pasti akan menggunakan semua pemain. Saya juga menerapkan beberapa taktik, dengan menggunakan semua pemain dan saya lakukan ini untuk persiapan kompetisi nanti,” kata Farias. “Kami harus bisa antisipasi jika ada pemain yang cedera, sakit, akumulasi, dan pemain yang masuk timnas. Jadi saya harus tetap memainkan seluruh pemain, memberikan kesempatan kepada mereka agar tidak kaget ketika harus dimainkan.”


Baca Juga :
- Virus Corona Bukan Satu-satunya yang Menghentikan Kompetisi Liga 1, tapi...
- Beckham dan Zola Lanjutkan Tradisi Pemain Bersaudara di Persib Bandung

Sementara di sisi lawan, pelatih Sabah FA Kurniawan Dwi Yulianto, berharap para pemainnya memetik banyak pelajaran dari keikutsertaan mereka di PGJ kali ini. Saat kalah dari Arema, Kurniawan menilai pasukannya lemah dalam hal koordinasi pertahanan dan finishing.

“Kami kalah energik dan kurang beruntung. Dua laga di Jatim, meski kalah tapi kami justru mendapatkan bahan evaluasi yang bagus melawan tim-tim solid dan kuat. Ketimbang dua laga yang berakhir dengan kemenangan pada uji coba di Filipina beberapa waktu lalu,” kata Kurniawan.***FURQON AL FAUZI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA