#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Profil Klub Liga 1 2020
Tira Persikabo Tidak Pernah Salah Pilih Pemain Asing
12 February 2020 17:50 WIB
BOGOR - Sempat menjadi salah satu kandidat juara dan penghuni papan atas Liga 1 musim 2019, Tira Persikabo terjun bebas memasuki akhir kompetisi. Bersama pelatih Rahmad Darmawan saat itu, Tirakabo digadang jadi pesaing terkuat. Mereka bahkan sempat stabil di peringkat tiga besar klasemen dalam 10 laga awal.

Tira Kabo bahkan mencatat hasil memuaskan dengan tak pernah kalah dalam 13 laga awal beruntun Liga 1 musim lalu. Namun, keseimbangan tim mulai goyah ketika beberapa pemain utama absen, mulai cedera hingga memenuhi panggilan timnas.

Sementara kedalaman skuat Tira Kabo musim lalu jauh dari kata ideal. Jarak kualitas antara pemain utama dan pelapis cukup timpang. Hal ini yang menjadi salah satu fokus yang dilakukan manajemen untuk membangun skuat yang merata di segala posisi. “Mayoritas semua pemain baru yang didatangkan merupakan rekomendasi dan keinginan pelatih,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis Tira Kabo Rhendie Arindra.


Baca Juga :
- Soal Gaji, Bhayangkara FC Akan Bicara ke Pemain via WhatsApp
- Wawancara Eksklusif Indra Sjafri : "Buat Saya WFH Memang Kehidupan Saya Bertahun-tahun"

Sejumlah pemain baru sudah didatangkan. Untuk menambah kegarangan lini depan, striker haus gol yang musim lalu memperkuat Persela Alex da Costa pun diamankan. Alex akan berkolaborasi dengan tenaga lama: Ciro Alves dan Wawan Febrianto di lini serang. Demi menambah daya gedor, striker naturalisasi Silvio Escobar, pun dikontrak untuk mengisi tempat Osas Saha yang menyeberang ke PSM.

Pelatih Tira Persikabo, Igor Nikolayevich Kriuschenko, kini tengah merancang kekuatan timnya bersama tiga pemain asing baru tersebut. Selain Alex, Tira juga memperkuat lini belakang dengan mendatangkan bek asal Uzbekistan Artyom Filiposyan, dan gelandang kreator Petteri Pennanen yang berkebangsaan Finlandia.

Pennanen bahkan sebelumnya merupakan kapten dari tim Kuopion Palloseura (KuPS) klub yang berhasil menjuarai kompetisi teratas Liga Finlandia musim lalu. Gelandang serang 29 tahun itu mencetak lima gol dan sembilan assist.

Selain bisa dimainkan sebagai gelandang serang, Pennanen juga bisa bermain sebagai penyerang sayap kiri maupun kanan. Manajemen Tira Kabo memang dikenal piawai dalam mendatangkan pemain asing baru. Selain Ciro Alves, musim lalu perfoma bek timnas Tajikistan Khursed Beknazarov, juga tak mengecewakan. Pun dengan Louise Parfait dan Loris Arnaud.

“Saya belum bisa katakan apa target tim. Yang terpenting, untuk musim ini kami ingin meningkatkan permainan tim secara keseluruhan. Sehingga akhirnya kami mendapatkan hasil yang terbaik di akhir kompetisi nanti,” kata Igor.

Komunikasi, chemistry, dan ketangguhan fisik jadi tiga aspek yang terus dibenahi mantan pelatih timnas Belarusia tersebut. Menurutnya ketiga hal itu penting untuk bisa menjalankan sistem dan skema permainan yang akan dia terapkan.

“Selain itu, saya ingin membangun mental juara terhadap semua pemain. Kami akan bermain secara tim bukan individu. Maka itu komunikasi antarpemain harus terjalin rapi,” kata Igor.*FURQON AL FAUZI

 

Skuat Tira Persikabo

Kiper: Dwi Kuswanto, Syahrul Trisna Fadhilah, Ravi Murdianto

Belakang: Andi Setyo, Artyom Filiposyan, Ikhwan Ciptady, Didik Wahyu, Herwin Tri Saputra, Aditya Putra Dewa, Rifad Marasabessy, Kelvin Wopi


Baca Juga :
- Kepada Media Lebanon, Hussein El Dor Bercerita Mengapa Menolak Liga Malaysia dan Memilih Indonesia
- Virus Corona Bukan Satu-satunya yang Menghentikan Kompetisi Liga 1, tapi...

Tengah: Gustur Cahyo, Manahati Lestusen, Izmy Hatuwe, Firmansyah, Rezky Ikhwan, Munadi, Arthur Bonai, Roni Sugeng, Guntur Triaji, Petteri Pennanen

Depan: Wawan Febrianto, Hendra Bayauw, Ahmad Nufiandani, Ciro Alves, Alex Da Costa, Silvio Escobar, Dimas Drajad

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA