#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Profil Klub Liga 1 2020
Ini Target PSM di Liga 1 2020
09 February 2020 15:49 WIB
MAKASSAR - PSM gagal menembus papan atas di Liga 1 2019 lalu. Finis di posisi ke-12 membuat pencapaian tim Juku Eja menurun drastis dibandingkan musim 2018 yang berada di posisi runner-up.

Kini, di musim 2020 PSM ingin mendongkrak prestasi menjadi juara Liga 1. Untuk mencapai target tersebut, PSM merombak kabinet kepelatihan, dan melepas banyak pemain termasuk tiga pemain asing Amido Balde, Marc Klok, dan Aaron Evans.

PSM hanya mempertahankan gelandang asingnya Wiljan Pluim, yang menyumbangkan lima gol dari 19 kali main musim lalu. Kemudian pemain-pemain anyar didatangkan, dengan harapan PSM lebih berbicara di kompetisi tertinggi musim ini.


Baca Juga :
- Saddil Ramdani Tersangka, Ancaman Tujuh Tahun Penjara Menanti
- Tinggal di Zona Merah, Bek Muda Barito Ceritakan Situasi Karantina Wilayah Saat Joging Selepas Subuh

Kursi pelatih saat ini diduduki Bojan Hodak, pelatih asal Kroasia yang memiliki sederet prestasi di sepak bola Asia. Seperti membawa timnasMalaysia U-19 menjadi juara AFF di 2018, membawa Phnom Penh Crown FC memenangkan Liga Kamboja dan lolos ke Babak Final Piala Presiden AFC, juga berprestasi bersama Kelantan FA.

PSM punya ekspektasi tinggi kepada Bojan, dengan menargetkan juara Liga 1 2020. Target yang sama dicanangkan kepada pelatih musim lalu Darije Kalezic namun sayang PSM terdampar di papan tengah hingga akhir musim.

CEO PSM Munafri Arifuddin mengatakan target yang diberikan kepada Bojan Hodak sudah realistis, mengingat timnya pernah hampir juara di musim 2018 lalu.

Ia juga optimistis dengan komposisi tim saat ini, yang sudah sesuai dengan keinginan Bojan. Karena sebelumnya manajemen sudah menyodorkan statistik performa para pemain agar dinilai Bojan untuk dipilih dan dipertahankan. Lalu pemilihan pemain baru dengan berdiskusi bersama asisten pelatih yang ditunjuk.

“Untuk Liga 1, jika memang tidak menjadi juara, minimal kami bisa menjadi runner-up. Untuk AFC tahun ini target kami masuk final,” kata Munafri.

Kesan pertama PSM bersama Bojan cukup meyakinkan, PSM memenangkan dua leg Play-Off Piala AFC 2020 melawan juara Liga Timor Leste musim 2019 Lalenok United dengan skor 4-1 di leg pertama dan skor 3-1 di leg kedua.

Racikan taktik Bojan juga berhasil diterapkan dengan baik oleh Pasukan Ramang, dengan mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 1-0 dalam laga uji coba di PTIK, Rabu (5/2).


Baca Juga :
- Serif Hasic: Bermain di Indonesia seperti Sauna
- Ryuji Bicara Hikmah dari Wabah Corona

Dibebani target juara, Bojan tidak kaget karena PSM dinilainya salah satu tim kuat di Indonesia, target dan visi PSM juga cocok dengan keinginannya, yang sudah diutarakan kepadanya sejak pertama bertemu dengan CEO PSM.

“Saya akan berusaha memperbaiki apa kelemahan tim ini di musim lalu, dan bersama para pemain akan mencoba memenangkan setiap pertandingan di kompetisi nanti," kata Bojan.*AGUSTIAN PRATAMA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA