#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kamera Mini Ini Bisa Mencegah Rasialisme
08 February 2020 10:52 WIB
VERONA - Kekerasan tifosi dan rasialisme dalam bentuk apapun merupakan problem pelik yang harus diberantas dalam dunia sepak bola. Inovasi teknologi dipandang sebagai salah satu solusi. Bodycam akan diuji coba di Italia, tepatnya saat duel Hellas Verona versus Juventus FC, di Stadion Marc’Antonio Bentegodi, Sabtu (8/2) waktu setempat. Kabarnya pertandingan itu akan dihadiri sekitar 28 ribu orang.

Ada alasan mengaplikasikan teknologi itu di Verona. Sebab 3 November lalu, di Bentegodi, terdengar sorakan buu ditujukan kepada Mario Balotelli, striker Brescia Calcio. Insiden ini membuat I Mastini mencanangkan sebagai klub ‘pertama di Italia’ yang memerangi rasialisme.

Setelah eksperimen awal di Lecce pekan lalu menunjukkan sinyal positif, CSA Security yang bekerja sama dengan TIM dan pihak keamanan setempat. Dewan kota Verona sendiri telah menyetujui penggunaan teknologi ini yang dipelajari oleh Gruppo Operativo di Sicurezza (GOS) yang bekerja di setiap stadion dalam masalah ini.


Baca Juga :
- Gagal di Juventus, De Ligt Dilirik MU
- Georgina pun Jadi Hairdresser Dadakan untuk Ronaldo

Bodycam ini akan dikenakan oleh para steward yang berjaga di arena. Dengan kamera kecil yang terpasang di rompi yang mereka kenakan, diharapkan para pelaku maupun orang yang bertanggung jawab atas aksi tercela bisa diidentifikasi dengan cepat.

Masih belum diketahui jumlah bodycam yang disediakan untuk pertandingan akhir pekan nanti dan di sektor mana akan ditempatkan. Teknologi tersebut menawarkan kemudahan dalam pengaplikasian dan multiguna. Bukan hanya untuk mendeteksi suporter yang berbuat kekerasan saja, tapi juga dapat digunakan dalam ruang lingkup lebih luas, di antaranya memerangi copet, rampok atau pelecehan. Di Amerika Serikat, polisi telah menggunakan kamera mini tersebut saat berpatroli.

Sebagai contohnya di kota Verona, teknologi ini digunakan di kereta dan transportasi publik. Sebaliknya,  penerapan dalam dunia sepak bola baru diperkenalkan di Italia, sementara di luar Italia (khususnya di Negeri Paman Sam dan Prancis) sudah sejak lama disetujui.


Baca Juga :
- Banyak Torehkan Rapor Positif, Lazio Segera Amankan Inzaghi
- Dengan Chiesa, Inter Dapat Main Menggunakan 3-5-2 dan 4-2-3-1

Meskipun dimensinya hanya 5,45 cmx8,15 cmx2,6 cm, kamera tersebut mampu merekam video yang disimpan lengkap dengan waktu, tanggal dan koordinat GPS, serta audionya. Dengan dukungan teknologi mutakhir, video bisa ditayangkan di monitor secara streaming. Ada juga kamera yang otomatis menyala ketika ada sinyal Bluetooth.

Tersangka yang tertangkap kamera bisa dianalisis dengan teknologi pengenalan wajah. Petugas juga dapat langsung menambah metadata lewat sebuah tablet.* Dari berbagai sumber

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA